Yamaha Lexi

Pemprov Bakal Lelang Operator BRT

  Selasa, 08 Agustus 2017   Mildan Abdalloh
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera melakukan lelang operator bus rapid transit alias BRT yang akan melayani angkutan di Bandung Raya.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, pihaknya baru saja menerima hibah 10 unit bus rapid transit (BRT). "Busnya sudah ada, tinggal mengurus plat kuning," tutur Dedi, Selasa (8/8/2017).

Setelah proses pengurusan plat kuning rampung, Dishub Jabar kemudian akan melakukan lelang untuk operator. Menurut Tedi, penggunaan operator dilakukan supaya pelayanan lebih optimal, terlebih pergerakan bus tersebut masuk dalam AKDP (angkutan kota dalam provinsi).

Bus tersebut akan melayani jalur Bandung-Majalaya selama enam kali perjalanan setiap harinya dan setiap satu unit bus. Rutenya sendiri dari Terminal Leuwipanjang-Kopo-BKR-Moch.Toha-Dayeuhkolot-Ciparay dan berakhir di Terminal Majalaya. 
 
Meski kapasitasnya terbatas, Dedi yakin keberadaan bus ini akan membantu, mengingat daerah-daerah yang dilintasi sangat membutuhkan layanan. Pihaknya menghitung biaya kontrak layanan ini mencapai Ro 2,39 miliar. Dan angka itu telah dianggarkan.

"Rencana pembayarannya Rp 5.602,85 per kilometer. Keseluruhan biaya kontrak sudah kita anggarkan," papar Dedi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar