Yamaha

Berekspresi dengan Mendekor Rumah

  Senin, 12 Juni 2017   Ngesti Sekar Dewi
Anggota Komunitas Home Decor Bandung di Margaasih, Bandung, Sabtu (10/6). (AyoBandung/Ngesti Sekar)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Siapa yang tidak suka mendekorasi rumah bergaya shabby chic, monochrome, atau Scandinavian? Ketiga mode itu tampaknya sedang menyedot perhatian ibu-ibu muda di seantero negeri untuk mempercantik rumah mungilnya.

Bagi sebagian orang, kegiatan mendekorasi rumah dengan tema tertentu bisa bikin pemiliknya bebas berekspresi dalam penyaluran kreativitasnya. Hal itu juga yang dilakukan oleh Agri Sintia, inisiator dari berdirinya Komunitas Home Décor Bandung (HDB). Kegemaran Agri dalam mendekorasi rumah, khususnya bertema shabby chic, mendorongnya untuk kemudian membentuk komunitas ini.

"Ingin cari teman dengan hobi yang sama, biar bisa bertukar inspirasi, ngembangin ide juga sama melatih kreatifitas kita dengan barang-barang bekas" jelas Agri ketika ditemui AyoBandung pada Sabtu (10/6/2017).

Delapan bulan berdiri, komunitas yang beranggotakan ibu rumah tangga ini sudah memiliki anggota lebih dari 70 orang. Mereka rutin mengadakan pertemuan satu bulan sekali. Dengan menyasar anggota yang sebagian besar terdiri dari ibu rumah tangga ini, diharapkan bisa membuat ibu-ibu muda itu untuk tetap produktif di rumahnya masing-masing.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas HDB ini. Misalnya saja mengadakan pelatihan membuat dekorasi rumah dari barang-barang bekas. Program yang dinamakan “DIY Together” ini dilakukan dari anggota untuk anggota Komunitas HDB. Bagaikan hobi yang dibayar, hasil dari kegiatan itu pun tak jarang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Bermanfaat sekali buat saya ya. Selain untuk mengisi waktu luang di rumah, kegiatan ini bisa menambah teman dan pengalaman untuk saya yang hanya ibu rumah tangga," ujar Vinny, salah satu anggota Komunitas HDB.

Tidak hanya mengadakan pelatihan menbuat dekorasi rumah, komunitas HDB juga pernah melakukan bakti sosial. Bukan bakti sosial yang besar-besaran memang. Namun setidaknya tetap mampu menolong bagi mereka yang membutuhkan.

"Kalo ada pedagang atau orang yang membutuhkan misalnya, kita setiap anggota urunan untuk membantu, lebih ke social street kegiatannya" jelas Agri. 

Masih banyak sebenarnya program-program yang ingin dijalankan Agri bersama komunitasnya. Seperti mengadakan pelatihan membuat dekorasi rumah yang terbuka untuk umum, salah satunya. Namun, Agri juga ingin dalam kegiatan itu, hadir pula seorang ahli di bidang dekorasi.

Selain itu, Agri pun berharap bisa mengembangkan Komunitas Home Decor ini di luar daerah, dengan inisiator yang berada di daerahnya masing-masing. 

Agri berharap, ke depannya Komunitas HDB ini bisa bermanfaat dan lebih menginspirasi lagi. Khususnya bagi ibu-ibu muda rumah tangga yang merasa bosan jika hanya berdiam diri di rumah. Boleh dicoba lho, Ibu..

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar