Yamaha

Ini Bahayanya Kalau Sering Menahan Kencing

  Selasa, 06 Juni 2017   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi. (thelist.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Tidak bisa dipungkiri, menahan buang air kecil mungkin sudah menjadi kebiasaan  kita sehari-hari. Apalagi ketika menghadapi kemacetan jalanan yang super padat, ditambah tak ada tempat yang bisa disinggahi untuk sekadar melepaskan 'beban' yang mengganjal itu. 

Hati-hati lho, kebiasaan menahan buang air kecil bisa menimbulkan sederet dampak berbahaya bagi tubuh.

Sekadar informasi, tubuh orang dewasa hanya bisa menahan sekitar 16 ons urin. Sementara untuk anak-anak sekitar 4 ons saja. Bayangkan, kantong kemih adalah otot, dan percaya atau tidak, semakin kamu menahan buang air kecil, maka kantong kemih akan semakin besar. 

Dilansir dari The List, semakin kantong kemih membesar, maka otak akan mengalami penurunan kinerja, yakni kehilangan kemampuan untuk mengetahui kapan kamu harus pergi ke toilet. 

Jadi, inilah hal berbahaya yang akan terjadi jika kamu selalu menahan buang air kecil!

 

Kamu Bisa Ngompol

Yups, hal memalukan ini bisa saja terjadi padamu. The List menuliskan, semakin kantong kemih penuh, maka kamu mungkin tidak akan tepat waktu untuk pergi ke toilet. Jadi, ketika sudah merasa ingin pipis, segerakan diri untuk pergi ke toilet.

Terjangkit U.T.I 

Setengah dari perempuan di dunia pernah terjangkit Urinary Tract Infection (UTI) atau yang biasa dikenal dengan Infeksi Saluran Kemih setidaknya sekali seumur hidup. Infeksi ini terjadi karena bakteri telah berhasil masuk ke saluran kemih dan menyebabkan gejala infeksi seperti rasa terbakar, keinginan untuk selalu buang air kecil, hingga nyeri pelvis.

Bakteri yang Menyebabkan Masalah Lain

Infeksi Saluran Kemih bukan satu-satunya hal yang diakibatkan oleh bakteri. Hal-hal berbeda seperti infeksi berkelanjutan masih akan terjadi jika kamu menahan buang air kecil, di antaranya demam, rasa sakit, bahkan keram.

Kerusakan Organ Tubuh Lain

Kantong kemih nyatanya terhubung dengan sistem urin, termasuk ginjal. Ginjal dalam fungsinya, menciptakan urin yang berasal dari kelebihan air pada aliran darah. The Kidney Urology Foundation mengatakan bahwa jika urin tertahan maka urin tersebut bisa 'kembali' ke ginjal dan menyebabkan infeksi serta kerusakan pada organ ginjal. Jadi, masih ingin menahan buang air kecil?

Sedikit saran, jika kamu memang tak ingin terlalu sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, ada baiknya mulailah kurangi konsumsi alkohol dan kafein ya. Terutama ketika kamu akan melakukan perjalanan panjang atau berada dalam rapat yang memakan waktu lama.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar