Yamaha

Belajar Sambil Bermain Bersama Nalaktaks

  Senin, 22 Mei 2017   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Sejumlah anak sedang belajar sambil bermain bersama Nalaktaks. (AyoBandung/Eneng Reni)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Daya kreatif dan karakter positif adala hal yang sangat penting untuk perkembangan anak di masa depan. Sudah jadi seyogyanya agar hal itu dibangun sejak dini. Misalnya saja yang dilakukan oleh Komunitas Nalaktaks, komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan karakter anak.

Nalaktaks sendiri mulai berdiri sejak tahun 2014 lalu. Berawal dari kegelisahan para pendirinya, kaum Ibu yang khawatir terhadap banyaknya pemberitaan negatif yang menyiarkan perilaku kejahatan terhadap anak-anak.

Sesuai dengan namanya, Nalaktak(s), yang dalam bahasa Sunda berarti hiperaktif. Anggota Komunitas Nalaktaks, Dita Sudarto menyebutkan, pemilihan konsep itu selaras dengan visinya untuk mewadahi daya aktif anak-anak dengan pribadi yang berkembang baik tanpa kehilangan keceriaan masa kecil.

“Dulu kan kalau anak ‘nalaktak’ itu diibaratkan negatif sama orang tua atau lingkungan karena susah diatur atau terkesan nakal,” ujar Dita ketika ditemui AyoBandung beberapa waktu lalu. Padahal sebenarnya, karakter pribadi si anak justruk cerdas dan memiliki daya kreativitas tinggi. Alhasil, Nalaktaks berusaha mewadahi dan menunjukkan bahwa anak yang baik itu sebenarnya memiliki segudang potensi kreativitas.

Dalam kegiatannya, Nalaktaks secara rutin memberikan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Salah satunya melalui metode dongeng interaktif. Nah, dari dongeng tersebut, biasanya dilanjutkan dengan kegiatan kreatif lainnya yang masih memiliki benang merah dengan isi dongeng.

“Misa, mendongeng satu cerita tentang Sangkuriang. Nah, nanti anak-anak diajak membuat craft atau kerajian yang bisa memvisualisasikan isi dongeng itu,” begitu Dita menyontohkan.

Hampir tiga tahun berjalan, Nalaktaks selalu mencoba untuk mengedepankan konsep belajar sambil bermain pada anak-anak. Pada dasarnya, Nalaktaks ingin agar anak-anak sekarang tidak kehilangan masa kanak-kanaknya, mengingat kini dimana-mana banyak ditemui seorang anak yang terlihat lebih asyik dengan gawainya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar