Yamaha Aerox

Komisi IV DPR Akan Keluarkan Hak Angket

  Kamis, 18 Mei 2017   Mildan Abdalloh
Ilustrasi: Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Surabaya Aru Armando (kiri) berbincang dengan seorang pedagang saat melakukan sidak di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/1/2017).(Antara)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Komisi IV DPR RI akan mengeluarkan hak angket kepada Menteri Pertanian apabila laporan perkembangan harga komoditas tidak sesuai lapangan.

Anggota Komisi IV DPR RI Cucun Ahmad Syamsurizal mengatakan dari pemberitaan berbagai media massa, harga berbagai komoditas hasil pertanian mengalami lonjakam harga jelang Ramadan. Akan tetapi, Menteri Pertanian memberikan pernyataan berbeda saat rapat dengan komisinya.

"Di media massa harga bawang putih mencapai Rp100.000/kg, tapi kata Mentan hanya Rp25.000/kg," tutur Cucun saat membuka Semi Final Musabaqoh Kitab Kuning di Pondon Pesantren Al Jawami, Cileunyi, Kamis (18/5/2017).

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengecekan harga di lapangan. Hasil pengecekan akan menjadi acuan pihaknya untuk menilai kejujuran Mentan.

"Kalau ternyata laporannya berbeda lagi, kami akan memberlakukan hak angket," tegasnya.

Cucun menambahkan, Komisi IV DPR RI jauh-jauh hari sebelumnya sudah mengingatkan agar Kementan membuat tim satgas untuk memantau dan menjaga pasokan barang serta stabilitas harga komoditas jelang bulan Ramadan.

Hal tersebut agar di lapangan tidak terjadi kekosongan pasokan yang bisa memicu kenaikan harga.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar