Yamaha NMax

Menikmati Kupat Tahu Gempol yang Melegenda

  Kamis, 30 Maret 2017   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Kupat Tahu Gempol.(Eneng/Ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM–Siapa yang tidak kenal dengan panganan tradisional yang satu ini? Ya, namanya kupat tahu. Bagi warga Bandung sajian ini sering menjadi pilihan menu bersantap di kala sarapan tiba.

Dikenal sebagai kota kuliner, Bandung memiliki banyak referensi tempat makan yang sangat menarik. Dari semua tempat itu, Kupat Tahu Gempol menjadi salah satu tempat kuliner yang paling wajib dikunjungi karena nama dan cita rasanya yang melegenda.

Untuk menuju lokasi Kupat Tahu Gempol di kawasan Pasar Gempol, Anda hanya perlu masuk dari Jalan Bahureksa di belakang kawasan Jalan Riau.

Kupat Tahu Gempol masih mempertahankan tampilan asli untuk mempertahankan eksistensi sejak 1965 silam.

Menggunakan gerobak sederhana di ujung gang, yang hanya ditemani satu meja kayu sederhana, dilengkapi bangku plastik sangat mengidentikan kesan “jadul”.

Meski demikian, para penikmat Kupat Tahu Gempol tak pernah surut bahkan hingga waktu beranjak siang. Sebab, sang pemilik Hj. Yayah tetap mempertahankan rasa orisinal hingga saat ini.

“Meskipun harga-harga serba naik, ibu mah dari 1965 tidak pernah mengubah komposisi bumbunya. Kerena ingin mempertahankan bumbu yang sudah menjadi ciri khas dari leluhur,” ungkap Yayah saat berbincang dengan Ayobandung, Rabu (29/3/2017).

Berbicara tampilan, sajian sepiring kupat tahu cukup sederhana tapi mengiurkan. Terdiri dari potongan leupeut (lontong) kenyal dan lembut, dipadukan dengan potongan tahu kuning, tauge rebus, serta bumbu kacang yang disiramkan di atas kupat tahu membuat siapa pun berselera saat melihatnya.

Namun jangan salah, meskipun dengan tampilan sederhana Kupat Tahu Gempol memiliki satu keistimewaan yakni, cita rasa dari bumbu kacangnya yang berbeda karena bertekstur kental dan merah menggoda. Pun bubuhan kecap manis akan semakin menambah kenikmatan cita rasa kupat tahu ini.

Tak ketinggalan kehadiran kerupuk gendar merah pun yang semakin mengisyaratkan kesan jadul nan legendaris.

Kehadiran kerupuk gendar merah memang sudah identik dengan Kupat Tahu Gempol.

“Pakai kerupuk merah ini memang sudah identik dari Kupat Tahu Gempol. Ditambah ibu juga ingin mempertahankannya terus.”

Satu porsi Kupat Tahu Gempol dibanderol Rp15.000.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar