Yamaha

Cimahi Targetkan Pemasangan Seribu Istalasi Sambungan Air Bersih

  Minggu, 29 Januari 2017   Andres Fatubun
Ilustrasi air bersih. Ist

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Cimahi menargetkan pemasangan seribu instalasi sambungan air bersih untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga. Pemasangan direncanakan rampung selama tahun 2017.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Air Minum Kota Cimahi, Dede M. Asrori menuturkan rencana tersebut merupakan program lanjutan yang telah dilaksanakan tahun sebelumya. Tahun lalu, penampungan air bersih yang terletak di komplek Pemerintah Kota Cimahi, baru bisa melayani 320 sambungan di wilayah Kelurahan Citeureup, Karangmekar, dan Cigugur Tengah.

Sedangkan pada tahun ini, instalasi sambungan air bersih bakal dialirkan dari Kelurahan Karangmekar dan Cigugur Tengah. "Air bersih ini untuk semua kalangan masyarakat. Siapapun warga yang membutuhkan, tinggal mendaftar," ungkap Dede, Sabtu (28/1/2017).

Ia melanjutkan konsep instalasi sambungan ini mirip dengan yang dimiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Perbedaan, kata dia, terletak pada masalah pembiayaan. "PDAM ada biaya pemasangan, sedangkan pengelolaan air Pemkot masih gratis," ujarnya.

Kendati demikian, warga yang menjadi konsumen air bersih ini diwajibkan membayar pemakaian air dengan hitung-hutungan tertentu. Tarif diberlakukan bervariasi sesuai kategori kebutuhan.

"Konsumen akan dikategorikan berdasarkan kebutuhannya. Misalnya, ketegori rumah tangga tidak mampu akan diberikan subsidi dengan tarif Rp1.800/m3. Kategori ke dua atau mampu, Rp3.500/m3. Kategori rumah mewah akan dikenakan tarif Rp4.500/m3," terangnya.

Sementara industri besar dan hotel berbintanng berada di luar ketiga kategori kebutuhan tersebut. Tarif yang bakal diberlakukan lebih tinggi, yakni Rp5.500/m3.

"Saat ini kita masih dalam tahap melakukan pendataan, siapa-siapa saja warga yang ingin melakukan pemasangan sambungan instalasi air bersih ini," kata dia. (Hengky Sulaksono)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar