Yamaha Aerox

JK: Punya Banyak Potensi, Kelewatan Jika Jabar Tidak Maju

  Selasa, 24 Januari 2017   Andres Fatubun
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Antara

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan kelewatan jika Provinsi Jawa Barat tidak maju karena begitu banyak potensi yang dimiliki daerah tersebut.

"Jawa Barat kalau tidak maju memang kelewatan," kata Wapres saat berbicara pada Dialog Ekonomi Dalam Rangka Rapimprov III Kadin Jawa Barat di Bandung, Selasa (24/1).

Wapres mengatakan Jawa Barat memiliki berbagai potensi untuk menjadi daerah maju seperti sumber daya alam yang kaya, sumber daya manusia, pendidikan yang baik, dan jumlah penduduk yang besar serta infrastruktur yang relatif salah satu yang terbaik. 

"Kalau kita bicara tentang kemajuan pastilah tidak mungkin tidak karena segala faktor ada disini alam, SDM dan dekat ibukota," tambah Wapres. 

Dari segi ekonomi, Jawa Barat cukup baik dapat dilihat dari jumlah ekspor yang cukup tinggi mencapai sekitar 18 persen dari total ekspor nasional.

Namun, Wapres menyebutkan ekonomi tidak bisa diukur dari pendapatan per kapita karena masih terjadi kesenjangan.

"Kalau sekarang berapa banyak orang Sunda yang jadi pemilik industri, pemilik hotel. Tapi sekarang lebih banyak yang jadi pekerja, ini menjadi masalah besar," katanya.

Karena itu, menurut Wapres, pentingnya untuk memunculkan para pengusaha muda dan pengusaha pribumi untuk bangkit serta adanya dukungan pemerintah bagi pengusaha-pengusaha tersebut. 

"Inti itu semua adalah semangat enterpreneur, membangkitkan kembali semangat pengusaha pribumi untuk berusaha," ujar Wapres.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar