Yamaha Lexi

Ini Jenis Meriam yang Digunakan saat Sambut PM Jepang

  Minggu, 15 Januari 2017   Adi Ginanjar Maulana
75 Salute Gun.(Gisa)
BOGOR, AYOBANDUNG.COM—Kunjungan Perdana Menteri Shinzo Abe ke Istana Bogor pada Minggu (15/1/2017) turut diwarnai dengan sambutan dentuman Meriam yang dilakukan Batalion Artileri Medan-7/105 GS di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Bogor.
 
Bagi yang masih asing dengan dunia persenjataan, meriam yang digunakan tersebut bernama 75 mm Salute Gun atau 75 Salute Gun.
 
Komandan Yonarmed-7/105 GS Mayor Arm Arif Rahman mengatakan meriam itu memang khusus diperuntukkan saat penyambutan tamu-tamu negara. “Meriam ini juga dipergunakan pada tanggal 17 Agustus,” kata Arif kepada wartawan sesaat setelah penyambutan Perdana Menteri Jepang.
 
Biasanya, lanjutnya, jumlah dentuman yang dimuntahkan 75 mm Salute Gun saat menyambut tamu kehormatan, seperti presiden atau perdana menteri dari negeri luar, berjumlah 19 atau 21 dentuman.
 
Jumlah dentuman saat kedatangan Shinzo Abe sendiri mencapai 19 kali dari enam meriam yang tersedia. "Jumlah dentuman itu memang sudah ada aturannya,” ujarnya.
 
Dia menyebutkan saat ini ada enam meriam jenis itu yang hanya terdapat di satuan tempatnya bertugas. Adapun meriam lainnya sudah dihibahkan, salah satunya ke Timor Leste.
 
Di Indonesia, 75 mm Salute Gun hanya mengeluarkan suara dentuman dan tidak digunakan sebagai senjata perang, di Eropa meriam tersebut digunakan sebagai penghancur salju. (Gisa Vadhika Sacawisastra)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar