Yamaha Lexi

PT Pos Indonesia Cetak 50 Ribu Lembar Perangko Edisi PON

  Sabtu, 10 September 2016   Yatti Chahyati
KHUSUS : Perangko edisi PON yang dibuat oleh PT Pos Indonesia dalam rangka PON XIX di Jawa Barat. (Roni/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat pada 17-29 September, PT Pos Indonesia meluncurkan perangko edisi khusus. Sebanyak 12 cabang olahraga terdapat pada perangko edisi PON yang dibuat oleh PT Pos Indonesia untuk menyemarakkan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Menurut Vice President Konsinyasi dan Filateli PT Pos Indonesia Munawar Ainy, pihaknya hanya mencetak sebanyak 50 ribu lembar untuk perangko edisi khusus tersebut yang disebarkan di seluruh Indonesia. Upaya tersebut sebagai salah satu cara mensosialisasikan PON kepada masyarakat dan khususnya para pengoleksi perangko.

12 gambar perangko yang mewakili beberapa cabang olahraga diperkenalkan kepada masyarakat, diantaranya cabang olahraga gantole, terjun payung, para layang, soft ball, sepak bola, lari atletik, bulu tangkis, senam, karate, renang, dayung dan perahu layar.

"Produksinya terbatas, untuk perangko kita terbitkan sebanyak 50 ribu, kita jadikan ini sebagai valueable collection. Kita beri kesempatan kepada masyarakat untuk mempunyai koleksi Filateli," kata Munawar di kantor PT Pos Indonesia, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/9/2016).

Ia mengatakan, masyarakat bisa mendapatkan perangko yang dibanderol Rp 3 ribu per lembarnya di 19 galeri filateri di Indonesia. Sedangkan untuk penjualan di kantor pos, hanya dilakukan di 17 cabang pos di Jawa Barat.

"Ini tersedia untuk skala Nasional, kita jual di 19 kantor di Indonesia dan 17 kantor Pos di Jawa Barat dan kebetulan tuan rumahnya di sini, kewenangannya ada di Jawa Barat. Kita gak mungkin produksi besar - besaran," urainya.

Tujuan dibuatnya perangko tersebut, lanjutnya, agar hajatan PON dapat membekas di benak masyarakat. Melalui perangko, masyarakat bisa terus mengenang sejarah olahraga yang berlangsung empat tahun sekali itu.

"Event ini langka, kebetulan terjadinya di Jawa Barat. Ada nilai seni yang kita tampilkan, meski bentuk kecil tapi menarik sehingga bisa dikoleksi," pungkasnya.

Sementara itu, khusus untuk pembelian pada hari ini di Kantor Pos Indonesia, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung akan mendapatkan tanda tangan langsung dari pembuat gambar perangko edisi khusus PON. Ia mengajak masyarakat untuk segera mendatangi kantor pos terdekat untuk bisa mendapatkan perangko yang akan menjadi salah satu bukti sejarah PON XIX/2016 Jawa Barat.(Roni)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar