Yamaha

Gara-Gara Tol Soroja, Siswa SDN 3 Kopo Terus Berkurang

  Selasa, 17 Mei 2016   
Siswa SD Juara Bandung menunjukan gambar hasil karya mereka pada aksi solidaritas " Aleppo is Burning", dengan mengirim surat ke PBB dan para KEDUBES, di Kantor Pos, Jln. Cilaki, Kota Bandung, Selasa (3/5). Aksi tersebut sebagai bentuk pembelajaran sejak dini kepada siswa tentang kepedulian terhadap sesama. (Danny / Ayobandung)

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM -  Pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menyebabkan bangunan SDN 3 Kopo, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung tergusur.

Sekolah tersebut sudah dirobohkan sejak Desember 2015 lalu sehingga kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan di SDN Cikundul yang berjarak sekitar dua kilometer dari lokasi sekolah asal.

Kelala Sekolah SDN 3 Kopo, E Sukaesih mengatakan tergusurnya bangunan sekolah yang dipimpinnya, cukup berpengaruh terhadap jumlah siswa.

Sejak adanya pembebasan lahan di Kampung Muara, Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin, jumlah siswa SDN 3 Kopo terus mengalami penurunan.

"Ada satu RW yang terkena pembangunan Tol Soroja. Jadi banyak penduduk yang pindah," tutur E Sukaesih, Selasa (17/5/2016).

Sebelum terkena pembangunan Tol Soroja, SDN 3 Kopo mempunyai 135 orang siswa, saat ini jumlah siswa yang terdaftar tinggal 114 anak saja.

Selain adanya penduduk yang pindah karena terkena pembangunan tol Soroja, terdapat juga orang tua yang memindahkan anaknya ke sekolah lain. Pasalnya, untuk sementara KBM dilakukan di SDN Cikundul yang berjarak sekitar dua kilometer dari sekolah asal.

Sukaesih berharap, agar pemerintah segera membangung ruang kelas baru bagi sekolah yang telah ada sejak tahun 1960 tersebut.

"Memang seharusnya sebelum dibongkar sudah ada ruang sekolah baru. Tapi mungkin ada hambatan, sehingga belum juga dibangun," katanya.

Dari informasi yang diterima, kata Sukaesih saat ini tempat relokasi SDN 3 Kopo masih dalam tahapan negosiasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dengan pemilik lahan.

Dia juga tidak mengetahui dengan pasti kapan proses pembangunan ruang kelas bagi SDN 3 Kopo. (Daneza)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar