Yamaha Lexi

Bantuan Korban Bencana di Cimahi Maksimal Rp 15 Juta

  Jumat, 01 April 2016   Yatti Chahyati
ilustrasi (http://bandungekspres.co.id/2015/longsor-hancurkan-rumah-warga)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Tidak kurang dari 20 rumah warga di Kota Cimahi mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Rata-rata kerusakan tersebut diakibatkan banjir dan puting beliung.

Wali Kota Cimahi, Atty Suharti berjanji pihaknya  akan memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah sebagai upaya mengurangi beban dan penderitaan warga. Adapun bentuk bantuan disesuaikan dengan kerusakan.

"Bantuan maksimal Rp 15 juta. Tapi bantuan disesuaikan dengan kerusakan yang dialami," ujarnya saat mengunjungi salah satu korban bencana di Kelurahan Pasir Kaliki Kecamatan Cimahi Utara, Jumat (1/4/2016).

Atty mengatakan, bantuan tidak harus selalu berupa uang, tapi bisa berbentuk bahan bangunan untuk memperbaiki rumah.

Lalu bagaimana warga yang mengalami musibah dan ingin mengajukan bantuan pada pemerintah, Atty menjelaskan, tinggal langsung melapor ke pihak RT, RW dan kelurahan namun untuk bantuan rutilahu harus diajukan setahun sebelumnya.

"Kalau tidak melapor, kami tidak akan tahu," katanya.

Khusus untuk dana bantuan warga yang terkena musibah bisa diambil dari dana BPBD atau anggaran tak terduga Pemkot Cimahi. Diakuinya, bantuan yang diberikan bagi korban bencana tidak sebesar bantuan yang diberikan pemerintah daerah lain. Pasalnya, anggaran Pemkot Cimahi sangat terbatas dan harus digunakan sesuai skala prioritas.

" Anggaran kita terbatas, harus disesuaikan dengan kerusakan yang dialami. Selain itu ada skala prioritas dalam penggunaan anggaran seperti pendidikan, pembangunan, dan kesehatan," terangnya. (guntur)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar