Yamaha

Ini Nasib Dalang Wayang Golek di Bandung Sepeninggal Asep

  Selasa, 23 Februari 2016   Yatti Chahyati
ilustrasi (http://4.bp.blogspot.com)

BANDUNG,AYOBANDUNG.com - Sepeninggal almarhum Asep Sunandar Sunarya, Padepokan Giriharja 3 di Desa Jelekong, Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung sekarang dipegang oleh anaknya, yakni Dadan Sunandar Sunarya.

"Setelah Abah (Asep Sunandar Sunarya), saya dipercaya untuk menjadi Pupuhu padepokan (Giriharja 3)," tutur Dadan.

Menjadi pupuhu padepokan Giriharja3, kata Dadan sangat berat terasa, meningat Asep Sunandar Sunarya merupakan seorang maestro wayang golek di Indonesia, berbagai prestasi yang pernah diterima oleh sang maestro terus membayang-bayangi Dadan.

"Untuk mempertahankan prestasi abah itu sangat berat, apalagi saya masih belajar,"ujarnya.

Berat dalam melangkah juga sempat dirasakan oleh Dadan dalam meneruskan langkah Asep Sunandar Sunarya.

Namun, sedikit demi sedikit dia terus berusaha untuk tetap mempertahankan prestasi dan nama besar almarhum ayahnya.

Salah satu prestasi yang berhasil dipertahankan adalah, Dadan diundang untuk menghadiri festival wayang di Perancis yang akan digelar September 2017 mendatang, dimana beberapa tahun lalu, Asep sunandar juga diundang dalam kegiatan yang sama dalam periode sebelumnya.

"Apa yang telah abah torehkan secara tidak langsung menjadi beban saya untuk meneruskan. Cukup berat dipikul, tapi prestasi yang pernah Abah raih menjadi pemicu saya sebagai generasi muda untuk meneruskannya," katanya.

Menurut Dadan, satu pesan yang masih diingatnya sebelum ayahnya wafat adalah dalam berkesenian harus bisa mengikuti perkembangan zaman, terus belajar dan beradaptasi.

"Sebaga praktisi itu harus selalu beradaptasi, apresiasi, jangan memandang sebelah mata, harus gaul dengan siapapun, yang penting bisa mengangkat budaya dan tradisi lokal,"paparnya.(daneza)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar