Yamaha NMax

Seniman Bandung Protes Penambangan Pasir Lombok Timur

  Minggu, 31 Januari 2016   Yatti Chahyati
AKSI: Sekelompok seniman Bandung melakukan teatrikal sebagai bentuk protes terhadap penambangan pasir di Lombok Timur. (Agung/ayobandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.com-Sekelompok seniman Bandung yang mengatasnamakan Forum Solidaritas Anak Rakyat (Forsar) melakukan aksi teatrikal sebagai bentuk protes terhadap penambangan pasir di Lombok Timur, Minggu (31/1) di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung.

Para anggota Forsar melakukan aksi dengan simbolisasi rakyat melawan para pengusaha yang menghabiskan sumber daya alam yang terus diambil untuk keuntungan saja.

Gatot Gunawan, Anggota Forsar mengatakan aksi ini sebagai bentuk solidaritas dan dukungan terhadap masyarakat di Lombok dengan menyatukan kesenian dalam satu aksi keprihatinan.

"Kami sebagai seniman yang tergabung dalam Forsar mengadakan repertoar tari, pencak silat, dan pantomim yang berjudul Bandung Spirit For Lombok," katanya.

Gatot menambahkan rencana pertambangan pasir laut oleh PT Tirta Wahana Bali Internasional (TWBI) di Selat Alas, Lombok Timur untuk keperluan proyek reklamasi Teluk Benoa Bali mencapai volume 50 juta kubik dengan kedalaman 26-51 meter itu mengancam berbagai aspek.

"Di kawasan seluas 1008,5 hektar dengan jarak 5 km dari bibir pantai bisa mengancam ekosistem laut dan kelangsungan hidup sekitar 16.437 kepala keluarga yang hidup lewat melaut,"katanya.

Gatot berharap Pemerintah Daerah setempat bisa segera menghentikan rencana penambangan pasir Lombok Timur agar mempertahankan ekosistem lingkungan hidup di daerah tersebut.

"Kita meminta agar hal tersebut bisa diusut dan menjatuhkan sanksi kepada oknum aparat yang melakukan tindakan represif, serta menanggung perawatan bagi para korban,"pungkas Gatot.(agung)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar