Yamaha Lexi

Gantung Knalpot Tanda Peringatkan Biker Bandel

  Minggu, 24 Januari 2016   Yatti Chahyati
GANTUNG : Polsek Ibun menggantung knalpot yang bising sebagai peringatan kepada warga yang bandel gunakan knalpot bising. (Daneza/AyoBandung.com)

 

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -  Polsek Ibun Kabupaten Bandung, mempunyai cara sendiri untuk membuat jera pengendara sepeda motor yang mengunkan knalpot bising, yakni dengan cara menggantung knalpot bisi hasil razia di depan Mapolsek Ibun.

Kapolsek Ibun, Ipda Asep Dedi mengatakan, dalam dua bulan terakhir, pihaknya secara rutin melakukan razia kendaraan khususnya speda motor dengan knalpot bising.

"Jika ditemukan ada yang memakai knalpot bising, kami suruh untuk menggantinya dan knalpot bising kami sita kemudian digantung di depan Mapolsek untuk memberi peringatan kepada masyarakat,"tutur Asep, Mingu (24/1/2016).

Sejauh ini, puluhan knalpot bising berbagai merek dan tipe tergantung di sebuah tenda yang berada di depan Mapolsek Ibun.

Menurut Asep, pada dasarnya pengendara sepeda motor dengan knalpot bising hanya ingin terlihat gaya saja, mereka sengaja membeli atau membuat knapot tidak standar.

"Penggunanya rata-rata anak muda. Dari pengalaman, mereka masih mempunyai knalpot standar di rumahnya. Makanya, jika terkena razia, kami menyuruh mengambil knalpot standar, sementara knalpot bisingnya kami sita,"ujarna.

Selain melaukan razia, Polsek Ibun juga dalam dua bulan terakhir melakukan sosialisasi ke SMA-SMA terkait larangan penunaan knalpot tidak standar.

"Sudah satu bulan ini, Masyarakat di Kecamatan Ibun, sudah jarang mengunakan knalpot bising. Masyarakat menjadi lebih tentram karena tidak terganggu oleh suara motor yang bising," katanya. (Daneza)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar