Yamaha NMax

Wah Permintaan Kenaikan Dana Sewa Rumah Karena Latah

  Minggu, 24 Januari 2016   Yatti Chahyati
ilustrasi

 

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -  Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Bandung, membantah jika ajuan kenaikan dana sewa rumah karena keinginan mereka sendiri, melainkan mengikuti daerah lain.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandun, Agus Ahmadi mengatakan, pengajuan kenaikan dana sewa rumah anggota DPRD, sebenarnya bukan hanya di Kabupaten Bandung saja, melainkan di wilayah Bandun Raya.

Kabupaten Bandung sendiri, mengajukan karena DPRD di Bandung Raya melakukan hal sama. Sehingga, pihaknya mengajukanhal serupa sebagai penyesuaian dengan Pemerintah tetangga.

"Angka yang muncul juga bukan ajuandari kami, tapi hasil kajian konsultan," tutur Agus, Minggu (24/1/2016).

Berdasarkan hasil kajian konsultan, angka biaya sewa rumah yang muncul adalah Rp16 juta untuk anggota, Rp17 juta untuk wakil Ketua dan Rp18 juta untuk Ketua DPRD Kabupaten Bandung.

"Pihak ketiga yang menentukan besarannya, mungkin sudah sesuai dengan nilai yang berkembang di Kabupaten Bandung," ujarnya.

Kenaikan dana sewa rumah dinas anggota DPRD sendiri belum tentu terjadi, mengingat ada beberapa proses yang harus dilwati.

Walaupun saat ini ajauan tersebut sudah masuk dalam rancanganAPBD Kabupaten Bandung. Setelah RAPBD ketuk palu, proses selanjutanya adalah evaluasi Gubernur Jawa Barat. "Nanti ada tim penilai untuk melakukanpenilaian kelayakannya," ucapnya.

Sementara itu, ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandun, Yanto Setianti mengatakan, rencana kenaikan dana sewa rumah dinas sudah berproses dari pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Bandung tahun 2015 lalu.

Namun, rencana tersebut terkendala karena tidak mempunyai dasar hukum dan belum adanya kajian. Sehingga, pihak ketiga dilibatkan untuk melakukan kajian kelayakannya, supaya bisa masuk dalam Peraturan Bupati.

Setelah kajian selesai, pihak konsultan kemudian melakukan presentasi didepan Eksekutif dan Legistalti terkait hasil kajiannya.

"Sudah dipresentasikan, baik di depan eksekutif maupun di legislatif. Hasil kajian dengan perincian dan sebagainya, mengeluarkan angka di Rp 16 juta untuk anggota, Rp 17 juta untuk wakil dan Rp 18 juta untuk ketua," ujar Yanto.

Yanto mengungkapkan, walaupun tim konsultan sudah menentukan ada kenaikan dana sewa rumah dari Rp9 juta menjadi Rp 16 juta,Rp 17 juta dan Rp 18 juta sesuai dengan jabatannya, namun sebagian Pimpinan DPRD Kabupaten Bandung justru tidak puas.

"Sebagian Pimpinan dan Anggota menginginkan dana sewa rumah diangka Rp20 juta, sehinga rencana kenaikan sewa rumah pada 2015 ditunda," ujarnya. (Daneza)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar