Yamaha

Beli Parsel, Cek Dulu Tanggal Kedaluwarsanya

  Senin, 21 Desember 2015   
Petugas Pemkot Cimahi sedang mengecek tanggal kedaluwarsa barang di salah satu supermarket di Cimahi. (Guntur/AyoBandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Untuk mengantisipasi beredarnya makanan kedaluwarsa di Cimahi, khususnya menjelang Natal dan tahun baru, Pemerintah Kota Cimahi menyidak beberapa minimarket dan supermarket.

Sidak sejumlah barang kebutuhan pokok dilaksanakan petugas gabungan dari pemerintah ke-3 pasar swalayan di Kota Cimahi, Senin (21/12/2015).

Dari hasil sidak di 3 tempat, rata-rata barang yang dijual aman dan masih layak dikunsumsi. Tapi petugas memberikan catatan kepada salah satu pengelola supermarket karena tidak mencantumkan kode expired (kedaluwarsa) pada produk daging.

"Secara keseluruhan dapat dikatakan aman, hanya kami meminta pengelola Giant agar menarik daging sapi karena tidak ada label kedaluwarsanya. Setelah dilabeli, baru barang bisa kembali dijual," terang Kabid Indag di Diskopindagtan Kota Cimahi, Fitriandi.

Sidak tidak hanya terhadap barang-barang kebutuhan pokok saja, tapi sejumlah parsel juga diperiksa petugas. Fitriandi mengaku, ditemukan sejumlah parsel yang belum mencantumkan isi barangnya tapi hal itu masih dianggap wajar.

"Kami hanya memberikan imbauan pada pengelola, agar mencantumkan apa saja isi parselnya agar masyarakat mengetahuinya," tuturnya.

Sebetulnya sidak gabungan dari Diskopindagtan, Dinkes bersama Pol PP, dan kepolisian ini rutin digelar setiap bulannya, namun jelang hari-hari besar keagamaan seperti lebaran, Natal dan tahun baru lebih diintensifkan.

"Memang kali ini lebih diintensifkan, karena biasanya jelang hari raya tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok lebih tinggi dari biasanya, "ucapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar lebih teliti sebelum membeli barang. Di samping itu perhatikan pula tanggal kedaluwarsanya agar tidak berbahaya bagi tubuh yang mengonsumsinya. (Guntur)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar