Yamaha Lexi

2016, Sungai Di Bandung Akan Bebas Sampah

  Minggu, 29 November 2015   
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (iqbal / ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menargetkan sungai Kota Bandung akan bebas dari sampah pada tahun 2016 dan di tahun 2017 akan bebas dari limbah domestik dan industri.

"Mudah-mudahan dalam waktu 3 tahun kepemimpinan saya, sungai sudah bersih, jalanan bersih, sistem kebersihan baik, budaya pungut sampah baik, regulasi dipatuhi, infrastruktur ditingkatkan. Itu tujuan utama Bandung agar bersih dan mudah-mudahan adipura," katanya saat ditemui di SMK Kencana Kota Bandung, Minggu (29/11/2015).

Bahkan jika situasi ini bisa diwujudkan bukan hal mustahil sungai di Bandung bisa dijadikan objek wisata air karena terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi cukup baik.

"Kita lihat debit air dulu, kalau debit tinggi sangat memungkinkan bisa jadi wisata juga. Karena sungai di Bandung ada yang membelah pusat bisnis, seperti di Babakan Siliwangi membelah hutan kecil dan pemukiman," ucapnya.

Sebagai bentuk percepatan, selain mempopulerkan budaya bersih pria yang akrab disapa Emil ini telah melakukan beberapa terobosan seperti memindahkan masyarakat yang berada di bantaran sungai.

"Seperti yang di Babakan Siliwangi, kita pindahakan ke apartemen, tapi sebelum ada apartemen tambahan kita gak ada stok jadi tahun depan kita ngebut apartemen rakyat. Salah satunya jadi transit memindahkan mereka yang ilegal di bantaran sungai ke pemukimam lebih layak," tutupnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar