Yamaha

Ledakan di Cina Terlihat di Luar Angkasa, Masuk 10 Besar Dunia

  Jumat, 14 Agustus 2015   Yatti Chahyati
Ledakan di Tianjin (http://rack.1.mshcdn.com)

 

Tiongkok- Saking dahsyatnya ledakan di Cina ternyata terlihat sampai ke luar angkasa, bahkan dahsayatnya ledakan di Pelabuhan Tianjin Rabu malam tersebut masuk kedalam 10 besar ledakan terbesar di dunia.

Ledakan di kota Tianjin pada Rabu malam itu menewaskan sedikitnya 50 orang termasuk puluhan petugas pemadam kebakaran, kata media pemerintah, sementara 700 orang mengalami luka dan 71 di antara mereka menderita luka parah.

Ledakan di pelabuhan yang tergolong 10 besar dunia itu sangat dahsyat seperti terlihat dalam citra atelit dari luar angkasa dan tercatat dalam sensor gempa bumi.

 Hingga saat ini, penyelidik mencari petunjuk-petunjuk pada Jumat untuk mengungkap penyebab ledakan hebat di gudang bahan kimia beracun dan gas di pelabuhan sibuk kawasan Timur Laut Tiongkok, sementara para pengusaha setempat dan pengusaha asing menaksir kerugian mereka.

Gudang yang meledak dirancang untuk menyimpan bahan kimia beracun, seperti hasil penilaian oleh pengawas lingkungan yang diterbitkan pada 2014.

Benda kimia yang disimpan terbanyak ketika ledakan terjadi adalah amonium nitrat, potasium nitrat, kalsium karbit.

Satu tim dari Badan Internasional Energi Atom Beijing, dan pusat tanggap darurat lingkungan hidup serta kesatuan 214 pasukan nuklir militer dan pakar biokimia bertolak ke Tianjin, menurut kantor berita Xinhua.

Ribuan penduduk diungsikan ke sekolah-sekolah terdekat karena rumah dan apartemen tempat tinggal mereka rusak akibat guncangan ledakan dan dua tempat masih dilalap api, seperti laporan pada Kamis malam.

Satu wilayah di pelabuhan hancur lebur, penuh rongsokan peti kemas menjadi serpihan mirip batang korek api, ribuan mobil baru menjadi seperti obor dan bangunan-bangunan pelabuhan terbakar hingga menjadi arang, menurut saksi mata kepada Reuters.

Perusahaan-perusahaan asing menaksir kerusakan pada fasilitas mereka yang terletak di sekitar pelabuhan di gerbang masuk Tiongkok di Timur Laut.

Harian Nikkei di Jepang menulis bahwa kaca-kaca jendela di perusahaan mobil Toyota pecah semua, tetapi tidak ada yang terluka dan perusahaan Jepang lainnya mengalami kerusakan kecil.

Produsen mobil Prancis, Renault mengaku lebih dari seribu kendaraan rusak tetapi tidak ada karyawan yang cedera.

Selain kerusakan sejumlah barang produksi di sekitar pelabuhan, lalu lintas kapal minyak juga terganggu.

Xinhua melaporkan, gudang yang meledak adalah milik perusahaan logistik Ruihai Internasional, di pelabuhan Dongjiang, Tianjin dan managernya telah ditahan, seperti laporan Harian China Daily.

Menurut Administratur Kemanan Laut di Tianjin, perusahaan tersebut mengabaikan standar kemasan ketika dalam pemeriksaan keamanan dua tahun yang lalu.(*)

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar