Yamaha

Aneka Dessert Sehat Dari Kacang Merah

  Minggu, 09 Agustus 2015   Mega Anggraeni
JEPANG: Anmitsu, dessert kacang merah dari Jepang (justonecookbook.com)

Bandung- Kacang merah selama ini banyak diolah menjadi makanan pokok. Tetapi di beberapa daerah, kacang merah pun diolah sebagai hidangan pencuci mulut atau dessert.

Salah satu daerah yang menggunakan kacang merah sebagai dessert adalah Manado dan Pelembang. Di daerah ini, kacang merah direbus hingga lunak kemudian ditambahkan es serut, sehingga menghasilkan es kacang merah dengan citarasa yang manis legit.

Selain di negeri sendiri, menggunakan kacang merah sebagai dessert juga dilakukan di negara Asia lainnya. Sebut saja Korea. Di negeri K-Pop ini, es kacang merah yang juga disebut patbingsu umumnya dicampur dengan beberapa varian dessert, seperti es krim, yogurt, sirup buah, hingga buah-buahannya. Tampilannya pun menyerupai es campur.

Bahkan saking terkenal dan banyak penggemarnya, patbingsu pun akhirnya masuk dalam menu beberapa restoran cepat saji.

Selain es kacang merah, Korea juga menggunakan kacang yang masih satu keluarga dengan kacang hijau, kedelai dan polong ini sebagai jajanan pasar berupa bubur kacang merah, yang juga disebut patjuk. Dan patjuk juga, sering muncul sebagai salah satu hidangan yang disajikan untuk merayakan Dongji atau tahun baru kecil yang biasanya jatuh pada tanggal 22 Desember.

Bukan hanya Korea yang menggunakan kacang merah sebagai hidangan pencuci mulut, Jepang pun turut menggunakan kacang merah dan mengolahnya menjadi beberapa jenis dessert. Salah satunya adalah anmitsu.

Dessert yang satu ini merupakan campuran agar-agar dari susu, dengan rebusan kacang merah, serta potongan beberapa buah. Bisa leci, strawberry, kiwi, juga pisang.  Warnanya merah kecokelatan lantaran disiram dengan kuah terbuat dari gula aren. Untuk melengkapi rasanya, tambahkan satu sendok es krim teh hijau.

Kacang merah sendiri digemari lantaran kandungan gizinya yang kaya. Ada  karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Dengan kandungan seperti itu, maka manfaat dari kacang merah pun cukup banyak, diantaranya mengurangi kerusakan pembuluh darah, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi konsentrasi gula darah, serta menurunkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara. (Mega)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar