Yamaha NMax

Hmm Begini Rasanya Bekicot Dari Perancis

  Minggu, 14 Juni 2015   Yatti Chahyati
BEKICOT: Escargot di hidangkan di Hummingbird Eatary and Guesthouse di Jalan Progo No. 14.(mega/ayobandung)

 

Teksturnya kenyal. Rasanya gurih. Siapa yang menyangka kalau makan yang satu ini bahan utamanya adalah hewan yang memiliki rumah dipunggung. Orang menyebutnya bekicot atau keong.

Hidangan yang satu ini berasal dari Perancis. Mereka menyebutnya escargot. Untuk mencicipinya tidak perlu jauh-jauh ke negaranya Napolen. Beberapa cafe dan resto di Bandung juga menawarkan escargo, yang tentunya sudah disesuaikan dengan lidah warga Asia.

Di negara asalnya, escargot menjadi hidangan yang paling favorit. Biasanya, escargot disajikan sebagai hidangan pembuka. Para chef asal Perancis biasanya mengolah escargot dengan cara mengeluarkannya dari cangkangnya, memasaknya, dan kembali dimasukkan dalam cangkangnya. Setelah itu baru disajikan.  Ada juga yang menyajikannya tanpa cangkang.

Sebagai informasi, escargot mengandung protein yang tinggi dan lemak yang rendah jika dimasak tanpa butter. Diperkirakan escargot mengandung 15 persen protein, 2.4 persen lemak, dan sekitar 80 persen air. Dengan kandungan seperti ini, escargot bisa dibilang baik bagi tubuh.

Selain itu,  biasanya escargot meninggalkan aroma amis. Tetapi, jika mengolahnya dengan benar, aroma itu akan hilang dengan sendirinya. Misalkan dengan menambahkan bawang putih dalam proses pengolahannya.

Seperti menu escargot yang ada di Hummingbird Eatary and Guesthouse. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Progo No. 14 ini punya menu escargot in garlic butter. Sebelum mengolahnya, escargot dipisahkan dulu dari cangkangnya. Kemudian, dipanggang bersama potongan bawang putih, daun parsley cincang, dan butter dalam wadah porselen khusus.

Tekstur escargot yang kenyal namun tetap empuk ketika dikunyah begitu pas dengan campuran butter, bawang putih, dan parsley yang gurih. Aroma bawang putihnya yang kuat mampu menghilangkan bau asli escargot yang agak amis.

Selain dengan bawang putih dan butter, escargot juga cocok diolah bersama  puff pastry seperti yang ditawarkan oleh Belle Vue French and Italian Bistro.

Di sini, escargot yang telah dibumbui dimasukan ke dalam puff pastry lalu diberi taburan keju mozzarella dan dipanggang hingga matang. Ketika matang, taburan keju itu akan meleleh dan menutupi escargot.

Sementara di The Fabrik, escargot diolah dengan cara di stir fry. Tujuannya, agar tidak menghilangkan rasa asli escargot. Selanjutnya, escargot dihidangkan bersama bayang dan jamur portobelo yang sudah di pan fry. Untuk menambah cita rasa, menu ini disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari butter dan rempah-rempah. Sausnya disiramkan di atas escargot tadi.(mega)
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar