Yamaha NMax

Lilit-lilit Benang, Jadilah Gelang Persahabatan

  Sabtu, 06 Juni 2015   Yatti Chahyati
GELANG: Gelang dari benang ini diyakini sebagai pengikat persahabatan agar abadi.(megga/ayobandung)

 

Bandung- Membuatnya membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Meski begitu, hasil akhirnya akan terlihat menarik dengan pola-pola serupa tenunan. Banyak orang menyebutnya friendship bracelet atau gelang persahabatan.

Tidak banyak yang mengetahui sejarah aksesoris yang satu ini. Tapi menurut beberapa pegiatnya, gelang persahabatan dibuat oleh seseorang untuk dirinya sendiri dan beberapa orang terdekatnya. Mereka percaya, jalinan benang yang terpasang di tangan mereka mampu memperkuat ikatan persahabatan.

Gelang persahabatan terbuat dari benang. Beberapa benang  yang bisa dijalin hingga membentuk gelang adalah benang sulam dan benang crochet. Ada juga crafter yang membuat gelang dengan menggunakan benang nilon.

Cara termudah membuat gelang ini adalah dengan melihat pola-pola yang sudah dipublish oleh para crafter dari berbagai belahan dunia. Ada ribuan pola yang bisa digunakan, dan kita bisa mudah mencarinya lewat situs Google.

Dini Zakia, salah satu crafter pembuat gelang persahabat mengatakan, tidak semua tangan bisa langsung lihai menggerakkan jarinya, memainkan simpul untuk membentuk pola. Apalagi, mata pun harus fokus pada pola yang sudah tersedia.

“Koordinasi antara mata dan tangan memang melelahkan, jadi para pemula sebaiknya membuat gelang dengan pola paling sederhana dulu,” katanya beberapa waktu lalu.

Pola sederhana yang dimaksud Dini adalah pola gelang persahabatan yang hanya membutuhkan dua atau tiga warna benang. Hasil akhirnya, lebar gelang tidak akan lebih dari lima sentimeter. Pola ini, biasanya digunakan untuk melatih gerakan jari.

Bagi Dini, friendship bracelet adalah kerajinan tangan yang sangat sederhana. Apalagi, dia bisa bereksperimen dengan pola, warna benang, serta jenis benang yang ada. Menurutnya, jika sudah lihai, kita bisa membuat pola sendiri jadi tidak perlu melihat pola milik orang lain.

“Jalur polanya sebenarnya sederhana, hanya kiri dan kanan, belok kanan dan belok kiri, tapi yang paling utama adalah teliti,” terangnya.

Tips untuk membuat gelang ini dari Dini adalah, jangan melihat pola sebagai sebuah kerumitan. Maka, jika sudah bisa menghasilkan satu gelang berpola, tidak sulit untuk membaca pola berikutnya. Dan kalau sudah begitu, gelang bisa diberikan kepada orang-orang terdekat, juga bisa dijual untuk menambah uang saku.(mega)

 

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar