Yamaha NMax

Menyulap Barang Lama Jadi Baru? Ini Alatnya

  Selasa, 02 Juni 2015   Yatti Chahyati
KREASI: Decoupage atau teknik mendekorasi dengan cara menempelkan kertas bergambar pada sebuah media.(mega/ayobandung)

 

Bandung- Decoupage atau teknik mendekorasi dengan cara menempelkan kertas bergambar pada sebuah media memang mudah dilakukan. Tetapi agar hasilnya lebih memuaskan, berikut ada beberapa alat yang diperlukan.

Busa. Untuk melakukan decoupage perlu alat yang lengkap. Seperti busa untuk mengecat. Isur kerap meninggalkan kuas untuk mengecat. Alasannya, hasil mengecat dengan busa bisa lebih rapi tanpa ada guratan bekas kuas.

Amplas. Kertas amplas atau kertas berpasir ini diperlukan untuk menghaluskan kayu yang akan didekorasi. Selain itu, amplas juga bisa menciptakan efek klasik.

Cat akrilik. Cat ini hanya dibutuhkan jika crafter ingin memberikan sentuhan warna pada benda yang akan di dekorasi. Biasanya, Isur memakai lebih dari satu warna. Satu cat berfungsi sebagai warna dasar, sementara warna lainnya dia gunakan untuk membuat efek lain pada decoupage.

Lem. Untuk merekatkan kertas, diperlukan lem. Hanya saja, tidak sembarang lem bisa digunakan untuk deoupage. Isur menyarankan untuk memakai lem khusus decoupage. Biasanya toko-toko crafty menyediakan lem jenis ini.

Kertas bergambar. Ini adalah alat utama yang dibutuhkan jika ingin menggunakan decoupage. Beberapa kertas yang bisa dipakai adalah kertas tissu bergambar, kertas koran, atau kertas khusus decoupage yang bisa didapatkan di toko crafty.

Kertas doily. Kertas yang biasa digunakan sebagai alas kue ini hanya hanya digunakan jika crafter ingin mendapatkan efek renda.

Gunting. Alat yang satu ini sangat diperlukan untuk memotong kertas sesuai dengan selera. Selain itu, potongan kertas hasil menggunting biasanya lebih rapi daripada menggunakan cutter.

Kuas. Ada dua jenis kuas yang diperlukan. Yang pertama kuas kecil berbulu halus. Kuas ini biasanya digunakan untuk melukis. Fungsinya sebagai alat pendukung untuk mengoles lem pada kertas yang akan ditempelkan.

Yang kedua kuas besar yang biasa digunakan untuk mengecat tembok. Kuas ini berfungsi untuk meratakan cairan vernis pada media kayu.

Vernis. Cairan berwarna kecokelatan ini biasanya hanya digunakan sebagai finishing decoupage dari material kayu. Selain melindungi kertas-kertas yang sudah melekat pada kayu, vernis juga bisa membuat kayu jadi lebih mengkilap.(mga)

 

 

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar