Yamaha Lexi

Ayo ‘Sulap’ Decoupage Di Rumah Sendiri

  Senin, 01 Juni 2015   Yatti Chahyati
(foto:mega) HIAS SENDIRI: Ternyata menghias benda-benda dengan decoupage bisa dilakukan sendiri di rumah

 

Bandung- Menghias benda-benda dengan decoupage bisa dilakukan sendiri di rumah. Berbagai macam teknik bisa diaplikasikan tergantung selera dan juga benda yang akan dihias. Suryanti, misalnya. Crafter decoupage asal Bandung itu senang melihat benda-benda klasik, maka dia menggunakan beberapa teknik.

Untuk mendapatkan efek seperti selera Suryanti, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Di antaranya:

1.Cat

Jika benda yang akan dihias berbahan dasar kayu dan masih baru, maka yang perlu dilakukan adalah mengecatnya. Menurut Suryanti, cat yang paling cocok adalah akrilik karena sifatnya padat dan mampu melekat secara merata pada kayu. Bukan itu saja, akrilik juga mudah kering hingga mempersingkat waktu pengerjaan.

2. Amplas

Mengamplas baru bisa dilakukan setelah cat akrilik mengering. Teknik mengamplas ini dilakukan untuk menghaluskan hasil cat. Selain itu, amplas juga bisa menghasilkan efek klasik lantaran ada beberapa bagian cat mengelupas seolah menua termakan usia.

3.Lace

Lace adalah teknik mencetak renda. Caranya mudah, gunakan kertas doily atau kertas kue. Posisikan kertas pada daerah yang ingin dilacing, selanjutnya warnai bagian renda pada kertas dengan menggunakan cat akrilik. Selanjutnya lepaskan kertas secara perlahan.

4. Decoupage

Jika cat hasil lace sudah mengering. Saatnya memilih gambar untuk memulai decoupage. Isur menyarankan untuk menggunakan kertas tissu atau kertas decoupage yang bisa dibeli di toko-toko kerajinan tangan. Sementar untuk merekatkannya, pergunakanlah kuas kecil dan lem khusus.

5.Vernis

Yang terakhir adalah melapisi seluruh hasil pekerjaan tangan dengan vernis. Hal tersebut dilakukan untuk membuat kayu menjadi lebih mengkilap. Selain itu, lapisan vernis bisa membuat kayu hasil decoupage dibersihkan dengan lebih mudah.(mga)

 

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar