Yamaha NMax

Ayo Mari Tukar Rokok dengan Buah

  Senin, 01 Juni 2015   Yatti Chahyati
(Foto: tie) Sebanyak 300 Anak Juara binaan RZ(Rumah Zakat) pun dengan semangat mengajak masyarakat untuk menukar rokok dengan buah di Car Free Day, Minggu(31/5/2015)

Bandung- Ayo hari ini yang sedang merokok sebaiknya ganti dengan buah, selain lebih bergizi rasanyanya juga lebih enak. Ide itulah yang dilakukan oleh Rumah Zakat dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

 Sebanyak 300 Anak Juara binaan RZ(Rumah Zakat) pun dengan semangat mengajak masyarakat untuk menukar rokok dengan buah di Car Free Day, Minggu(31/5/2015). Acara yang samapun  diselenggarakan di 8 kota, yakni Bandung, Aceh, Medan, Pontianak, Semarang, Kediri, Tangerang dan Balikpapan.

 Dalam kegiatan ini, mereka melakukan longmarch, orasi tentang bahaya rokok, mengajak pengunjung untuk menandatangani petisi Tolak Rokok serta mengajak pengunjung menukar rokok dengan buah atau jus. Selain itu, RZ bekerjasama dengan Cita Sehat Foundation juga menyelenggarakan layanan cek kesehatan gratis. Disini pengunjung bisa cek gula dan tensi darah, serta konsultasi mengenai cara berhenti merokok.

 “Saat ini Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia sebagai negara dengan jumlah perokok tertinggi yaitu sebanyak 60 juta perokok aktif dan 97 juta perokok pasif. Dan yang menjadi sangat miris adalah sekitar 4 juta perokok aktif merupakan anak-anak dengan usia 10-14 tahun. Karena itulah kita libatkan anak-anak dalam World No Tobbaco Day ini. Selain untuk mengkampanyekan bahaya rokok bagi kesehatan anak-anak, juga sekaligus memberikan pemahaman kepada anak-anak itu sendiri tentang bahaya rokok sejak dini,” jelas Heny Widiastuti, Chief Program Officer RZ, di sela even RZ, Senin(1/6/2015).

 Aksi World No Tobacco Day yang diselenggarakan RZ berlangsung meriah, karena tak hanya melibatkan anak-anak Juara, RZ juga bekerjasama dengan komunitas lokal yang peduli akan bahaya rokok, seperti Cita Sehat Foundation, Komunitas Bandung Bebas Asap Rokok, Komunitas Bebas Asap Rokok Surabaya, OIC (Organization of The Islamic Conference), dan beberapa komunitas lainnya.(tie)

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar