Lakukan 4 Amalan Ini untuk Menikmati Keutaman Malam Jumat

- Kamis, 1 Juli 2021 | 17:02 WIB
Ilustrasi--Dzikir pagi dan petang.
Ilustrasi--Dzikir pagi dan petang.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anda ingin menikmati keutamaan malam jumat ? Lakukan empat amalan ini agar lebih berkah.

Diantara tujuh hari dalam sepekan, hari Jumat adalah hari yang istimewa, terutama bagi umat muslim. Di hari ini, Allah membuka lebih banyak pintu rahmat sehingga manusia menjadi lebih mudah untuk berbuat kebajikan.

Rasulullah sendiri menyeru umatnya untuk memperbanyak amal baik di hari Jumat. Lantas, amalan apa saja yang diperintahkan Rasulullah untuk umatnya di malam jumat ?

1. Membaca Sholawat Dan Dzikir

Sudah bukan rahasia lagi kalau Rasulullah SAW sangatlah menyayangi umatnya. Karena itu sebagai umat yang baik maka kita dianjurkan untuk banyak membaca sholawat untuk beliau. Kelak dihari kiamat nanti, Rasulullah akan memberikan syafaat (bantuan) kepada umatnya agar tidak disiksa oleh Allah SWT. Dalam salah satu hadits, diriwayatkan kalau Rasulullah SAW bersabda :

“Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan kepadaku setiap hari jum’at. Barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (Hr. Baihaqi)

2. Memperbanyak Doa

Amalan di malam jumat terakhir yang diajukan untuk dilakukan pada malam jumat adalah memperbanyak berdoa. Bagi umat muslim, doa sendiri adalah sebuah bentuk tunduk patuh dan memohon kemurahan hati dari Allah swt, tuhan semesta alam.

Tentu hal ini bukanlah hal yang memalukan karena memang fitrah seorang makhluk harus tunduk kepada khalik. Apalagi, Rasulullah pernah berkata kalau ada waktu di hari jumat yang apabila seorang hamba memohon maka pasti akan dikabulkan Allah

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X