Ampuh Kurangi Stres, Orang Tua Mesti Lakukan Hal Ini Bersama Anak

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 22:20 WIB
Pengunjung saat berwisata ke Taman Lalu Lintas, Kota Bandung, Senin 17 Mei 2021. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pada H+4 Lebaran, Taman Lalu Lintas ramai dikunjungi warga bersama keluarganya.
Pengunjung saat berwisata ke Taman Lalu Lintas, Kota Bandung, Senin 17 Mei 2021. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pada H+4 Lebaran, Taman Lalu Lintas ramai dikunjungi warga bersama keluarganya.

LENGKONG,  AYOBANDUNG.COM — Terkadang, hal-hal kecil yang dilakukan bersama anak mampu memberikan kebahagiaan yan tak terduga.

Seperti menemani anak bermain. Tak cuma mempererat jalinan hubungan antara orang tua dan buah hati, tetapi juga bagus untuk kesehatan mental orang tua.

"Main bermanfaat untuk melepaskan stres baik anak atau orang tua, manfaat untuk kedua-duanya," kata psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo dalam konferensi pers daring Hari Bermain Sedunia 2021 dari Paddle Pop, Jumat (28 Mei 2021).

Misalnya, anak diajak bermain peran di mana dia menjadi seorang karakter yang galak dan bebas berekspresi. Lewat cara itu, dia bisa melepaskan kepenatan yang menumpuk karena ruang gerak terbatas akibat pandemi.

Pentingnya interaksi dengan orang tua membuat Vera mengatakan lahan luas dan mainan segudang bukan jaminan anak akan betah bermain. Sebab, interaksi orang tua yang membuat anak-anak tidak merasa bosan saat bermain.

Idealnya, orang tua ikut bermain bersama anak. Jika tidak memungkinkan bermain terus menerus, setidaknya orang tua terus memantau apa yang anak mainkan atau memilih permainan yang baik untuk buah hati.

Penggunaan gawai untuk sarana bermain saat ini tak terelakkan karena orang tua pun sibuk menggunakannya ketika bekerja dari rumah. Oleh karena itu, Vera menyarankan orang tua mengeksplorasi manfaat positif gawai untuk anak dengan memilihkan tontonan positif dan edukatif.

Bermain tak harus dengan mainan yang mahal. Barang-barang bekas atau benda-benda di sekitar rumah bisa dimanfaatkan anak untuk bersenang-senang.

Kuncinya adalah berpikir kreatif. Orang tua bisa menstimulasi anak dengan memberi pertanyaan terbuka seperti, "Mau main apa hari ini?"

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

3 Amalan Khusus supaya Rezeki Bertambah

Jumat, 23 September 2022 | 21:41 WIB

Manfaat Salat Subuh untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 11 September 2022 | 05:00 WIB
X