Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang, Cantik Bergaya Minimalis

- Kamis, 29 April 2021 | 13:11 WIB
Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang.
Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang.

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Masjid Al-Irsyad Satya tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Masjid yang terletak di Jalan Parahyangan KM 2.7, Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, itu memiliki bentuk kubus sederhana yang terinspirasi dari Kakbah yang berada di Masjidil Haram.

Informasi di laman resmi Kota Baru Parahyangan mengatakan, masjid ini dibangun pada 7 September 2009 atau bertepatan dengan Nuzulul Quran 17 Ramadan 1430 Hijriah. Fasad Masjid ini merupakan susunan concrete block yang membentuk kaligrafi kalimat As-Syahadah.

Bangunan yang digagas Al-Irsyad Satya Islamic School ini berkapasitas maksimal 1.500 orang jemaah. Para jemaah yang salat akan merasakan sejuknya udara di dalam masjid karena desain dindingnya yang memiliki fungsi sebagai ventilasi besar.

-
Bagian dalam Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang. (Ayobandung.com/Taupik Saepuloh/magang)

Di arah kiblat masjid terdapat batu bulat besar bertuliskan Allah, yang akan bercahaya saat malam. MAsjid ini tak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, tetapi juga sebagai objek wisata religi karena arsitekturnya yang unik.

Penerapan protokol kesehatan di area masjid yang di desain oleh Gubernur Jawa Barat ini cukup ketat seperti cek suhu otomatis yang diawasi petugas, tempat cuci tangan, ruang disinfektan, penempatan saf yang rapi, hingga imbauan protokol kesehatan di setiap sudutnya.

“Sebelum masuk masjid dipersilahkan cek suhu, mencuci tangan hingga saat salat pun berlaku jaga jarak. Saat berbuka (puasa) pun sangat dijaga kebersihannya,” ungkap Aldi.

-
Bagian dalam Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang. (Ayobandung.com/Taupik Saepuloh/magang)

Ia menuturkan kekagumannya saat pertama kali menyambangi masjid yang pernah meraih penghargaan “The Best 5 World Building of The Year 2011” kategori Bangunan Religi itu, untuk beristirahat berbuka puasa dan salat.

“Kesan pertamanya luar biasa kagum dengan desain bangunan masjid yang berbeda dari konstruksi masjid pada umumnya,” tuturnya.

Ia mengaku mengetahui informasi masjid dengan arsitektur unik ini dari teman dan media sosial.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Apa Perbedaan Adzan dan Iqamah?

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:31 WIB

Apakah Memegang Kucing Membatalkan Wudhu?

Jumat, 26 November 2021 | 11:20 WIB

Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Desember 2021

Minggu, 21 November 2021 | 13:00 WIB

Macam-macam Sholat Sunnah dan Bacaan Niatnya

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB

Hukum Menagih Utang dengan Menyebar Aib Nasabah

Minggu, 14 November 2021 | 05:00 WIB

Ciri Orang Bodoh menurut Islam

Minggu, 14 November 2021 | 04:00 WIB

Dzikir yang Berat Timbangannya dan Penghapus Dosa-dosa

Minggu, 7 November 2021 | 08:00 WIB
X