Masjid Besar Parongpong, Bangunan Ikonik Tempat Singgah Para Pelancong

- Rabu, 28 April 2021 | 10:05 WIB
Masjid Besar Parongpong di Kampung Parongpong, RT 01, RW 11, Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong.
Masjid Besar Parongpong di Kampung Parongpong, RT 01, RW 11, Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong.

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Keramahan warga Kabupaten Bandung Barat tercermin dalam Masjid Besar Parongpong yang terletak di Kampung Parongpong, RT 01, RW 11, Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong.

Anggota DKM-nya membuka pintu lebar untuk para pelancong yang sedang berwisata ke Lembang untuk bisa salat dan istirahat sejenak.

Bendahara DKM Masjid Besar Parongpong, Sahrul menuturkan, masjid yang telah dibangun sejak 2002 ini memiliki program khusus di bulan Ramadan bersama warga sekitar untuk menyediakan makanan bagi para musafir yang singgah.

“Setiap harinya ada jadwal 3 orang memberi makanan untuk berbuka puasa kepada pengunjung masjid. Jadi ada kedekatan antara warga sekitar dengan pendatang juga,” ujarnya.

Namun, pihaknya tidak abai dalam memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi yang dibantu oleh pemerintah Desa Karyawangi dan dipantau oleh Kecamatan Parongpong.

“Dari desa sudah ada bantuan cek suhu, hand sanitizer, dan masker. Kita harus persiapkan juga apalagi kalau Jumatan misalnya. Setiap (salat) Subuh dan Tarawih ada pak camat juga ikut salat sekalian melihat keadaan,” ujarnya.

-
Masjid Besar Parongpong di Kampung Parongpong, RT 01, RW 11, Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong. (Ayobandung.com/Taupik Saepuloh/magang)

Sahrul menjelaskan, Masjid Besar Parongpong yang berkapasitas 210 jemaah ini didirikan di lahan milik Pemerintah Desa Karyawangi. Pembangunannya berasal dari hasil swadaya masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Parongpong.

Pengurus masjid, ujarnya, merupakan warga sekitar yang memiliki antusias untuk memajukan lingkungan masjid kebanggaan masyarakat Parongpong ini. Masjid ini juga menjadi tempat berkumpulnya seluruh majelis di sekitar Parongpong untuk menuntut ilmu keagamaan.

“Kalau pengurus masjid itu ada 52 orang termasuk imam dan muroki. Dan tempat majelis berkumpul seperti Majelis Al-hidayah, Majelis Al-Amalinah, Majelis Al-Muslimah dan lainnya lagi,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Apakah Memegang Kucing Membatalkan Wudhu?

Jumat, 26 November 2021 | 11:20 WIB

Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Desember 2021

Minggu, 21 November 2021 | 13:00 WIB

Macam-macam Sholat Sunnah dan Bacaan Niatnya

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB

Hukum Menagih Utang dengan Menyebar Aib Nasabah

Minggu, 14 November 2021 | 05:00 WIB

Ciri Orang Bodoh menurut Islam

Minggu, 14 November 2021 | 04:00 WIB

Dzikir yang Berat Timbangannya dan Penghapus Dosa-dosa

Minggu, 7 November 2021 | 08:00 WIB
X