Pentingnya Perencanaan Puasa bagi Penderita Diabetes

- Rabu, 28 April 2021 | 03:57 WIB
Ilustrasi -- Penderita Diabetes.
Ilustrasi -- Penderita Diabetes.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Perencanaan puasa menjadi kunci bagi penderita diabetes agar tetap bisa menjalankan ibadah selama Ramadan. Hal ini disampaikan Dokter penyakit dalam di JEC Eye Hospitals and Clinics Suharko Soebardi.

“Penderita diabetes tetap bisa berpuasa dengan aman. Syaratnya, mereka harus terus berkonsultasi dengan dokter ahli agar kondisi penyakitnya terus terpantau," ujar Suharko dalam JEC Eye Talks membahas “Pengaruh Puasa Ramadan pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes”, Selasa, 27 April 2021.

Hal yang membuat penyakit ini makin mengkhawatirkan, hampir dua pertiga penderita diabetes tidak menyadari mereka mengidap penyakit tersebut. Artinya, kata dia, kalangan ini sangat mungkin baru mengakses layanan kesehatan dalam kondisi sudah terlambat atau sudah dengan komplikasi.

Terkait dengan organ mata, selain retinopati diabetik, diabetes juga memicu timbulnya katarak dan glaukoma. Dokter akan melakukan pngecekan untuk memastikan sejauh mana batas pengidap diabetes boleh berpuasa. Perencanaan berpuasa sangatlah krusial dan bersifat individual, tergantung tingkat diabetes masing-masing penderita sehingga tidak bisa disamaratakan.

"Melalui tahap pemeriksaan itu, dokter bisa merekomendasikan modifikasi porsi asupan, termasuk dosis obat. Selain itu, selama berpuasa, monitoring gula darah harus lebih sering dilakukan,” jelasnya.

Retinopati diabetik menjadi salah satu komplikasi yang berpotensi menyebabkan kebutaan. Menurut WHO, retinopati diabetik merupakan lima besar penyebab gangguan penglihatan dan kebutaan yang dapat dicegah atau diobati (menyerang 3,9 juta orang di seluruh dunia).

“Secara umum, puasa tidak memberikan pengaruh signifikan pada organ mata manusia. Namun, penderita diabetes perlu tetap waspada terhadap potensi gangguan mata akibat komplikasinya," kata Medical Retina, Vitreo-Retina, and Cataract Specialist, JEC Eye Hospitals and Clinics Martin Hertanto.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Doa Naik Kendaraan Supaya Selamat di Perjalanan

Senin, 20 September 2021 | 06:53 WIB

Apa Hukum Berambut Gondrong bagi Laki-laki ?

Minggu, 19 September 2021 | 10:30 WIB

Sunah Rasul Malam Jumat Bukan Anjuran Nabi Muhammad

Kamis, 16 September 2021 | 21:58 WIB

Ciri Wanita Penghuni Surga Menurut Islam

Kamis, 16 September 2021 | 12:49 WIB

Amalan dan Doa agar Lepas dari Cengkraman Utang

Rabu, 15 September 2021 | 23:30 WIB

Bolehkan Mengubur Suami Istri dalam Satu Liang Lahad ?

Rabu, 15 September 2021 | 06:22 WIB

Doa Ketika Hujan Lebat, Agar Terhindar dari Bencana

Selasa, 14 September 2021 | 12:04 WIB

Ragam Hukum Ibadah Haji di Masa Pandemi

Selasa, 14 September 2021 | 07:29 WIB

Doa Masuk dan Keluar WC, serta Doa Setelah Buang Air

Senin, 13 September 2021 | 08:59 WIB

Safar Dianggap Bulan Sial? Ini Doa Awal Bulan Safar

Kamis, 9 September 2021 | 06:42 WIB
X