Robert Albert Beberkan Tantangan Bermain tanpa Suporter

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 07:21 WIB
Pelatih Persib, Robert Alberts. (dok. Persib)
Pelatih Persib, Robert Alberts. (dok. Persib)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts meengatakan ketiadaan suporter akan menjadi tantangan tersendiri bagi skuad Pangeran Biru pada Liga 1 2021 yang bakal digelar di stadion tertutup.

"Ini (Liga 1) akan sulit untuk diprediksi. Anda bisa melihat Liga Primer Inggris digelar tanpa penonton dan tim menjalani masa persiapan yang berbeda-beda karena berlangsung di tengah pandemi," kata Robert, Rabu, 1 Agustus 2021, dilansir dari Republika.co.id.

Menurutnya, ketidakhadiran penonton di stadion akan sangat memengaruhi penampilan tim. Tidak hanya itu, hal tersebut akan berdampak pada anak asuhnya, dan hasil pertandingan.

Baca Juga: Tips Transformasi Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi, Sederhana dan Murah!

"Indonesia juga mengalami hal yang sama. Anda bisa melihat, ini mempengaruhi tim dan hasilnya," ujar Robert.

Robert menyebutkan bahwa dukungan langsung yang diberikan Bobotoh terhadap tim kebanggaannya memiliki peran besar. Sebab, kata dia, kehadiran suporter di stadion akan memompa semangat para pemain di atas lapangan.

Meski demikian, pelatih berusia 66 itu memahami kondisi yang dihadapi di tengah pandemi sehingga tidak mungkin dipaksakan pada musim ini. "Klub biasanya tampil tak terkalahkan saat bermain di kandang. Tiba-tiba, klub kehilangan dukungan para suporter, pemain ke-12, dan mulai mendapatkan hasil buruk," ucapnya.

Yang jelas, kata Robert, laga tanpa penonton bakal memberikan perbedaan besar terhadap performa pemain yang terjadi di semua klub sepak bola. "Ini adalah sebuah perbedaan besar yang tidak hanya terjadi di Inggris, tapi juga banyak klub Eropa lainnya," pungkas Robert.

Baca Juga: Pengunjung Mal di Kota Bandung Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah mengumumkan secara resmi bahwa kompetisi sepak bola Liga 1 bergulir pada 27 Agustus atau mundur satu pekan dari yang dijadwalkan sebelumnya, yakni 20 Agustus 2021. Penetapan tanggal tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri dan BNPB/Satgas Penanganan Covid-19.

Selain jadwal yang mundur, gelaran Liga 1 2021 juga dipastikan bakal berlangsung tanpa kehadiran penonton di stadion.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X