Cedera, Ciro Alves Diprediksi Absen 6 Pekan dan Victor Igbonefo 6 Bulan

- Senin, 20 Juni 2022 | 12:22 WIB
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Persib, Alvin Wihajar membeberkan, bahwa Ciro Alves mengalami patah tulang di bagian bahu kiri.  (Dok. Piala Presiden 2022)
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Persib, Alvin Wihajar membeberkan, bahwa Ciro Alves mengalami patah tulang di bagian bahu kiri. (Dok. Piala Presiden 2022)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Persib, Alvin Wihajar membeberkan, bahwa Ciro Alves mengalami patah tulang di bagian bahu kiri. 
 
Cedera itu didapatkan Ciro Alves saat dia bermain dalam laga Persebaya vs Persib di Stadion GBLA, Jumat, 17 Juni 2022 lalu.
 
Terlihat Ciro Alves mengenakan alat bantu di bahunya seusai laga.
 
Menurut Alvin, cedera bahu Ciro Alves merupakan suatu yang dapat dikendalikan serta dapat diobati dengan cara konservatif tanpa operasi. Pihaknya memprediksi Ciro Alves akan nembaik selama enam minggu ke depan.
 
"Dia diharapkan bisa menyatu kembali, bagian yang patah itu, sehingga bisa kembali ke Persib untuk persiapan Liga 1 2022/2023," kata Alvin.
 
Dokter kelulusan Universitas Kristen Maranatha 2013 ini menyebut, perawatan cedera Ciro Alves di bahu kirinya terfokus pada imobilisasi dan lower body akan tetap dilakukan guna menjaga stamina, ketahanan tubuh, dan kekuatan otot.
 
Namun demikian, pergerakan Ciro Alves masih akan dibatasi terlebih dahulu, dengan penurunannya yang tidak cukup jauh.
 
 
Selain Ciro Alves, Alvin juga mengatakan, bahwa pemain belakang Persib, Victor Igbonefo mengalami cedera patah tulang pipi. Pemain bernomor punggung 32 itu mendapat cedera sesaat setelah dia mencetak gol penyeimbang untuk Persib ketika melawan Persebaya.
 
kini di dalam rumah sakit guna persiapan operasi.
 
Dokter yang bekerja juga untuk RS Melinda 2 Bandung ini menyebut, tindakan operasi bagi Victor Igbonefo guna mengembalikan posisi tulang pipi sehingga dapat kembali berlatih bersama Persib.
 
"Setelah itu, ada tahapan medical clearance yang akan diberikan tim medis Persib. Kemudian manajemen dan tim pelatih menyesuaikan kapan mereka bisa kembali berlaga lagi," kata Alvin.
 
"Perkiraanya tulangnya dapat menyambung dengan baik itu 2-3 bulan, dan masuk ke tahapan recovery, dan itu sesuai protokol yang akan kita pakai," ujar Alvin melanjutkan.
 
Terpisah, pelatih Persib Robert Alberts menyebut Victor Igbonefo harus menepi dalam waktu lama lantaran cedera tiga fraktur di tulang pipinya yang cukup serius.
 
Adapun keadaan Ciro, lanjur Robert, pemain berdarah Brasil itu terdapat fraktur di bagian bahu kirinya, setelah dilakukan scan sesusai laga Persebya vs Persib.
 
Pelatih berpaspor Belanda itu juga mengabarkan, bek Nick Kuipers pun mengalami dampak dari benturan saat laga dan mengalami sedikit gejala kelelahan.
 
 
"Jadi terlalu dini pemain kami mengalami cedera karena ini merupakan pramusim. Tentunya ini disayangkan, bukan masalah yang kecil tapi ini besar. Tiga pemain kunci kami harus mengalami cedera panjang, sebelumnya Teja cedera tapi di saat latihan. Tentunya ini memberikan dampak untuk tim," ungkap Robert Alberts.
 
"Victor mungkin setidaknya enam bulan, mungkin bisa setengah tahun karena ini cedera yang cukup sensitif. Sedangkan Ciro setidaknya absen selama 4-6 pekan sebelum fraktur di bahunya pulih," tutupnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X