Bobotoh Persib Meninggal Dunia, Sistem Penyelenggaraan Pertandingan serta SDM Harus Dievaluasi

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:00 WIB
Bobotoh Persib Meninggal Dunia, Sistem Penyelenggaraan Pertandingan serta SDM Harus Dievaluasi. Ilustrasi Bobotoh (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Bobotoh Persib Meninggal Dunia, Sistem Penyelenggaraan Pertandingan serta SDM Harus Dievaluasi. Ilustrasi Bobotoh (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Laga Persebaya vs Persib di Stadion GBLA Bandung, Jumat 17 Juni 2022 malam, menelan korban jiwa dua orang Bobotoh

Untuk mencegah kejadian serupa, sistem penyelenggaraan pertandingan serta sumberdaya manusia (SDM) yang terlibat dalam laga sepak bola mesti dievaluasi.

"Kejadian ini bukan pertama, dulu juga di tempat yang sama ada Bobotoh yang meninggal dunia," kata sesepuh Bobotoh Lembang, Bandung Barat, Kukuh Wiguna, Sabtu 18 Juni 2022.

Baca Juga: 2 LINK Live Streaming Persija vs Barito Putera Malam Ini 20.30 WIB Piala Presiden 2022 

Kukuh menilai dua instrumen penting yakni sistem penyelenggaraan dan sumber daya manusia dalam pertandingan sepak bola, tak boleh terpisah satu sama lain. 

Sebaik apapun sistem yang diterapkan, jika sumber daya manusia yang menjadikan punya mental buruk. Maka selalu ada celah untuk meloloskan penonton Tek bertiket. 

"Begitu pun sebaliknya, sebaik apapun SDM dalam penyelenggaraan pertandingan bola, kalau sistemnya gak baik, maka ada selalu celah," tambahnya. 

Dalam insiden tewasnya dua orang Bobotoh saat laga Persebaya vs Persib di Stadion GBLA pada Jumat 17 Juni 2022, ia menilai dua instrumen ini penting untuk dievaluasi. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persib vs PSIS 2-1, David da Silva Cetak Brace

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Skor 1-1 Menutup Babak Pertama Persib vs PSIS

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:25 WIB

Persib vs PSIS: Beri Kegembiraan Buat Bobotoh

Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:56 WIB
X