Persib Bisa Gunakan GBLA Untuk Berlatih, Ini Bocoran Nilai Lelangnya

- Selasa, 17 Mei 2022 | 15:02 WIB
Persib Bisa Gunakan GBLA Untuk Berlatih, Ini Bocoran Nilai Lelangnya (Ayobandung.com/Aufa Fadil/Magang)
Persib Bisa Gunakan GBLA Untuk Berlatih, Ini Bocoran Nilai Lelangnya (Ayobandung.com/Aufa Fadil/Magang)
 
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah sempat kisruh perkara Stadion GBLA beberapa waktu lalu, kini Persib Bandung dipastikan dapat kembali mempergunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai alternatif tempat berlatih tim menghadapi Liga 1 Indonesia 2022/2023.
 
Kepastian tersebut, dipastikan langsung Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Kondisi lapangan Stadion GBLA, dinilai sangat memungkinkan untuk dipergunakan Persib Bandung sebagai tempat berlatih. 
 
"GBLA sudah bisa dipakai. Karena secara lapangannya, bagus pemeliharaannya. Bahkan saat Liga 3 tahun lalu, sudah dipakai," kata Yana Mulyana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa 17 Mei 2022.
 
 
Meski begitu, Yana Mulyana menyebut bahwa Stadion GBLA belum 100 persen siap untuk menghadapi Liga 1. Utamanya soal tempat duduk penonton. Di luar itu, penunjang lainnya Stadion GBLA telah memadai. 
 
"Kalau tanpa penonton memang bisa. Karena izin penggunaannya, juga kegiatan tanpa penonton. Tapi lapangan dan struktur penunjang lainnya sih untuk kegiatan tanpa penonton sudah memadai," ucapnya. 
 
Terkait bocoran nilai lelang, Yana menyebut nilai lelang pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Nilai lelang stadion yang menjadi aset Pemkot Bandung itu pun ditaksir mencapai miliaran rupiah.
 
 
"Saya belum hapal detailnya. Tapi memang enggak sampai segitu ya (puluhan hingga miliaran rupiah untuk pengelolaan GBLA)," katanya. 
 
Yana mengungkapkan, nilai lelang pengelolaan GBLA berkisar miliaran dan tak mencapai puluhan hingga ratusan miliar karena ada beberapa pertimbangan. Salah satunya, harga nilai pengelolaan yang terlalu mahal jika nanti dikelola pihak ketiga.
 
"Kalau puluhan sampe ratusan (miliar) mah berat juga ya," ucapnya.
 
Meski demikian, Yana menyebut nilai resmi pengelolaan GBLA harus dihitung terlebih dahulu secara appriasial. Perhitungan bisa dilakukan oleh konsultan independen yang ditunjuk Pemkot Bandung.
 
 
Nantinya, sesuai regulasi kontrak, secara teknis pihak ketiga harus membayar kontribusi tetap dan tidak tetapnya setiap tahun hingga 30 tahun mendatang. Kontribusi tetap dibayar di muka, sementara kontribusi tidak tetap harus dibayar pihak ketiga pada setiap akhir tahun pengelolaan.
 
"Ini kan KSP (kerjasama pengelolaan), jadi kontribusi tetap bayar di muka, terus tidak tetapnya nanti akhir tahun. Kontribusi tidak tetap itu kan keuntungan di pengelolaan, kurang lebih kayak sewanya lah, dan flat selama 30 tahun," pungkasnya.
 
 
Untuk diketahui, Persib Bandung telah menggelar latihan. Sesi latihan perdana tim kebanggaan Bobotoh ini digelar di Stadion Persib (Sidolig), Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa 17 Mei 2022.
 
Dalam latihan kali pertama itu, tim Persib Bandung diikuti 21 pemain. Tujuh di antaranya masih absen untuk mengikuti salah satu persiapan menghadapi kompetisi musim 2022/2023. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X