Pencetak Gol Terbanyak Persib BRI Liga 1 2021/2022, Didominasi Pemain Asing

- Sabtu, 2 April 2022 | 12:00 WIB
gol David da Silva di Persib Bandung -- Pencetak Gol Terbanyak Persib BRI Liga 1 2021/2022, Didominasi Pemain Asing (Instagram/@persib)
gol David da Silva di Persib Bandung -- Pencetak Gol Terbanyak Persib BRI Liga 1 2021/2022, Didominasi Pemain Asing (Instagram/@persib)
Berdasarkan statistik, pencetak gol terbanyak Persib BRI Liga 1 2021/2022 masih didominasi pemain asing.
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Komptesisi BRI Liga 1 2021/2022 sudah tuntas diselenggarakan dengan Persib Bandung duduk di peringkat kedua klasemen akhir Liga 1.
 
Dari 34 laga yang dilakoni, Persib Bandung berhasil meraih 20 kemenangan, sembilan imbang, dan lima kali kalah. Sampai laga terakhir, Persib Bandung telah membobol gawang lawan sebanyak 48 kali dan 22 kemasukan, sehingga memiliki selisih 26 gol.
 
Dari 48 gol yang dikumpulkan, gol-gol itu dicetak tidak melulu oleh lini serang Persib Bandung. Tak sedikit dari gelandang dan juga bek Persib Bandung yang ikut menyumbang gol bahkan sebagai penentuan kemenangan tim Pangeran Biru ini.
 
 
 
 
Peringkat pertama sebagai pencetak gol terbanyak Persib di BRI Liga 1 2021/2022 adalah David da Silva dengan tujuh gol.
 
Diboyong dari Terengganu FC pada bursa transfer tengah musim, pemain berdarah Brasil ini sempat diragukan kualitasnya lantaran belum pecah telur walau Persib Bandung sudah bermain empat kali pertandingan.
 
Namun akhirnya striker 32 tahun itu berhasil mencetak gol pertamanya untuk Persib Bandung saat melawan PSS Sleman, 11 Februari 2022. Golnya di menit ke-25 ini sekaligus menjadi penentu kemenangan Persib Bandung atas PSS Sleman dengan skor akhir 2-1.
 
Setelah itu, David da Silva menunjukkan kualitasnya sebagai striker tajam yang belum habis. Dia berhasil menyumbang satu gol saat berhadapan Persipura Jayapura, satu gol ke PSM Makassar, dua gol melawan rival Persija Jakarta, satu gol ke Persiraja Banda Aceh, dan satu gol lainnya ke Persebaya Surabaya.
 
 
David da Silva bisa saja menambah satu gol lagi kala pertandingan Barito vs Persib, laga pamungkas pekan ke-34 lalu. Mendapatkan penalti di menit ke-57, David da Silva maju sebagai eksekutor gagal menuntaskan tugasnya ketika sepakannya mampu dibaca kiper Muhammad Riyandi.
 
Meski baru membela Persib Bandung setengah musim, tapi perekrutan David da Silva bisa dibilang sukses. Sempat mandul beberapa saat dan akhirnya menyandang status pencetak gol terbanyak Persib BRI Liga 1 tidaklah mudah.
 
Tak hanya itu, David da Silva diberi kepercayaan penuh oleh pelatih Persib Bandung Robert Alberts. Dia dimainkan sebanyak 15 kali sebagai starter dan hanya dua kali absen karena cedera dan terpapar Covid-19.
 
 
 
Mohammed Rashid menempati posisi kedua sebagai pencetak gol terbanyak Persib BRI Liga 1. Gelandang asal Palestina ini mengumpulkan enam gol dan tiga asis selama Liga 1 bergulir.
 
Kerap kali bermain sebagai gelandang bertahan, tanpa diduga Rashid berhasil mencetak gol pertamanya saat Persib Bandung melawan Persita Tangerang di pekan ke-2 Liga 1, 11 September 2021 lalu.
 
Langsung mencetak brace, dua golnya membawa Persib Bandung menang tipis atas Persita Tangerang dengan skor akhir 2-1.
 
Pemain bernomor punggung 74 ini kembali menyumbang gol untuk Persib Bandung saat melawan PSS Sleman dengan dua gol, satu gol ke gawang Persela Lamongan, dan satu lagi ke Borneo FC.
 
 
Secara keseluruhan, Rashid sudah bermain untuk Persib Bandung selama 2.271 menit dengan 26 sebagai starter dan satu kali menjadi pemain pengganti.
 
Dia juga sempat absen selama empat laga karena dipanggil untuk membela timnas Palestina. Selain panggilan timnas, Rashid pun pernah absen dua laga lantaran hukuman akumulasi kartu kuning.
 
 
Beckham Putra menjadi satu-satunya pemain lokal yang berhasil menembus tiga besar pencetak gol terbanyak Persib BRI Liga 1 dengan lima gol.
 
Lima golnya itu terdiri dari dua gol melawan Bali United, dua gol ke gawang Persipura di putaran kedua, dan satu gol di laga pamungkas Barito vs Persib.
 
"Lima gol ini berkat teman-teman semua di dalam tim. Saya ini tidak berjuang sendirian, tapi dibantu yang lainnya juga. Yang pasti, ini juga menjadi hal yang patut saya syukuri bisa cetak lima gol musim ini," kata Beckham, Jumat, 1 April 2022, disadur dari laman resmi Persib Bandung.
 
 
Secara keseluruhan, Beckham Putra telah berada di dalam skuad Persib Bandung untuk BRI Liga 1 sebanyak 22 kali dengan 14 sebagai starter dan delapan kali menjadi pemain pengganti.
 
Itulah tiga pencetak gol terbanyak Persib BRI Liga 1. Meski didominasi pemain asing, tapi seluruh gol tentunya diperoleh atas kerja sama tim. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X