Legenda Persib Aang Witarsa, Si Kuda Terbang Pembobol Gawang Finalis Liga Champions

- Senin, 7 Februari 2022 | 22:08 WIB
Sang legenda Persib, Aang Witarsa, suatu ketika di Bandung baheula, pernah membobol gawang final Liga Champions Eropa. (Majalah Aneka)
Sang legenda Persib, Aang Witarsa, suatu ketika di Bandung baheula, pernah membobol gawang final Liga Champions Eropa. (Majalah Aneka)

Sang legenda PersibAang Witarsa, suatu ketika di Bandung baheula, pernah membobol gawang final Liga Champions Eropa.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM —  Rabu sore, 27 Juni 1956, dalam guyuran hujan deras di Stadion Siliwangi, Aang Witarsa mencetak gol yang akan selalu terkenang dalam hidupnya.

Gol yang dicetaknya itu tidak bisa dianggap biasa, sekalipun ia hanya bermain dalam laga persahabatan.

Kala itu, Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (Persib Bandung) menerima tamu terhormat dari Eropa, Stade de Reims, yang berstatus sebagai finalis Liga Champions musim 1955/1956.

Baru dua minggu tim asal Prancis ini bermain lawan Real Madrid di Stadion Parc des Princes, Paris, lalu mereka bermain dengan Persib Bandung di Stadion Siliwangi

Baca Juga: Sejarah Stadion Siliwangi, Markas Sepak Bola Termegah Pertama di Bandung

Bersumber pada laporan de Preangerbode, Di Paris, Stade de Reims dibuat kerepotan dengan kekalahan 3-4 dari Madrid di final UEFA Champions League (UCL). Lalu di Bandung, tanpa terduga, mereka pun dibikin repot oleh Persib, walau berhasil menang tipis 3-2.

Salah satu pemain yang merepotkan Stade de Reims itu ialah Aang Witarsa, legenda Persib yang punya julukan The Flying Horse alias "Si Kuda Terbang".

Baca Juga: Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond, BIVB Kedua dan Bagian Sejarah Persib Bandung

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X