4 Pemain Pangeran Biru yang Pernah Cetak Gol dalam Laga Persib vs Persikabo

- Jumat, 28 Januari 2022 | 17:37 WIB
Persib vs Persikabo. Pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi, berebut bola dengan pemain PS Tira-Persikabo  dalam pertandingan Liga 1 2019 di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (18 Juni 2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Persib vs Persikabo. Pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi, berebut bola dengan pemain PS Tira-Persikabo dalam pertandingan Liga 1 2019 di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (18 Juni 2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Empat Pemain Maung Bandung pernah cetak gol ke dalam laga Persib vs Persikabo, dua di antaranya berstatus mantan Pangeran Biru.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Laga Persib vs Persikabo akan dimainkan di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu, 29 Januari 2022, dengan kick off dimulai pukul 20.45 WIB.
 
Persib Bandung tentu menargetkan kemenangan pada laga nanti. Sebab bila hanya imbang atau bahkan kalah, maka kemungkinan tim berjuluk Pangeran Biru ini akan menjauh dari jalur perebutan juara Liga 1.
 
Karena perlu kemenangan, maka Persib Bandung membutuhkan gol sebanyak mungkin dan tidak kebobolan oleh Persikabo 1973.
 
 
Dilihat dari statistik, setidaknya terdapat empat pemain Persib Bandung yang 
pernah merobek jala Persikabo 1973.
 
Dari keempat pemain tersebut, dua di antaranya kini berstatus sebagai mantan pemain Persib Bandung.
 
1. Nick Kuipers
 
Nick Kuipers mencetak gol pertamanya untuk Persib Bandung ke gawang Persikabo 1973 pada pertandingan pekan ke-18 Liga 1 2019 di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 September 2019 lalu.

Dalam pertandingan tersebut, bek asal Belanda ini berhasil mencetak gol berkat umpan matang dari Dedi Kusnandar melalui bola mati.

Gol itu adalah penyama kedudukan Persib Bandung, setelah Pangeran Biru sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Osas "Saha" Marvelous Ikpefua dari titik penalti pada menit 15.
 
Gol Kuipers ini dia cetak di penghujung babak pertama. Skor 1-1 ini bertahan hingga laga usai.
 
2. Febri Hariyadi
 
Febri Hariyadi merupakan pencetak gol terakhir Persib Bandung ke gawang Persikabo 1973. Gol ini tercipta pada pertemuan kedua tim dalam uji tanding di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 12 Juni 2021 lalu.

Pertandingan tersebut berlangsung ketat sejak menit pertama. Persib Bandung sempat dapat peluang emas dari titik penalti. Tapi, eksekusi Ezra Walian belum bisa membuahkan gol.
 
Baca Juga: Ramai Tagar ReneOut, Siapa Lebih Unggul antara Robert Alberts dan Mario Gomez?

Febri Hariyadi akhirnya memecah kebuntuan di menit 42' melalui kerja sama baik dengan Ferdinand Sinaga dan Esteban Vizcarra. Sepakan Febri mampu menaklukkan kiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna.

Di babak kedua, penyerang Persikabo 1973, Ciro Alves mampu mencetak gol balasan yang membuat keadaan kembali imbang 1-1. Skor itu bertahan hingga pertandingan berakhir.
 
Melihat catatan head to head Persib vs Persikabo, Maung Bandung semestinya tidak perlu cemas. Mereka sudah menang di atas kertas. (Ayobandung.com)


Gol Febri ini tercatat sebagai gol terakhir Pangeran Biru dalam laga Persib vs Persikabo, karena pada pertemuan selanjutnya di Liga 1 musim 2021-2022, pertandingan berakhir imbang tanpa gol.
 
3. Patrich Wanggai
 
Patrich Wanggai mencetak gol pertamanya untuk Persib Bandung dengan merobek gawang Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, 30 Juli 2018 lalu. 
 
Pada pertandingan tersebut, Persib Bandung keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 3-2. Gol pertama Wanggai tercipta di menit 45+2 setelah menuntaskan umpan lambung penyerang asal Argentina, Jonathan Bauman.
 
Baca Juga: Robert Alberts Sesumbar Sudah Tahu Cara Dominasi Laga Persib vs Persikabo

Belum puas satu gol, Wanggai mencatatkan brace laga tersebut. Satu gol lainnya lahir di menit 83, hasil dari kerjasamanya dengan dari Bauman. Tapi kali ini dikirimkan dari sisi kanan.

Wanggai sendiri tampil sebanyak 13 kali pertandingan untuk Pangeran Biru. Dari penampilannya itu, dia mengoleksi total empat gol. Dua gol Patrich lainnya dilesakkan ke gawang Sriwijaya FC dan Badak Lampung.
 
4. Raphael Maitimo
 
Satu di antara banyaknya gelandang produktif yang pernah dimiliki oleh Persib Bandung adalah Raphael Maitimo. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut produktif mencetak gol untuk Persib Bandung.

Satu musim berseragam Pangeran Biru di Liga 1 2017, pemain kelahiran 17 Maret 1984 tersebut menorehkan sembilan gol, salah satunya adalah dwi gol ke gawang PS TNI (sebelum ganti nama Persikabo 1973) di Stadion Si Jalak Harupat, 5 Agustus 2017 silam.

Saat itu, Persib Bandung menang atas PS TNI dengan skor akhir 3-1. Dua gol yang dicetak Maitimo berkat umpan manis pemain yang baru promosi dari Diklat Persib Bandung, Febri Hariyadi.

Pada saat itu, Febri masih berstatus sebagai pemain muda yang ditampilkan untuk memenuhi regulasi penggunaan pemain U-23. Selain Febri, dua pemain U-23 Persib Bandung lainnya adalah Henhen Herdiana dan Gian Zola Nugraha.

Dalam pertandingan ini, Raphael Maitimo berhasil memanfaatkan assist Febri untuk membuka keunggulan Persib Bandung pada menit 16'. Hanya berselang lima menit, giliran Michael Essien memanfaatkan umpan Bow (julukan Febri Hariyadi) untuk menggandakan skor menjadi 2-0.
 
Baca Juga: 2 Gol Spesial Maung Bandung dalam Laga Persib vs Persikabo

Di babak kedua, tepatnya pada menit 65', Maitimo kembali beraksi untuk mengoptimalkan umpan Bow dan skor menjadi 3-0. Di sisa laga, satu gol balasan PS TNI dibuat oleh Sansan Fauzi Husaeni di menit-menit akhir pertandingan.
 
Itulah sejenak ulasan jelang Persib vs Persikabo, yang dilihat dari pemain Pangeran Biru yang pernah bobol gawang Laskar Padjadjaran. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nick Kuipers Tak Tahan Kangen Ditonton Bobotoh

Selasa, 24 Mei 2022 | 09:25 WIB

7 Gol Tercipta di Gim Internal Pertama Persib

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:41 WIB

Persib Bakal Uji Tanding di Singapura

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:45 WIB
X