Papan Atas Klasemen Liga 1 Semakin Ketat, Marc Klok Yakin Persib Bandung Bisa Juara

- Jumat, 21 Januari 2022 | 10:52 WIB
Pemain Persib Bandung, Marc Klok. Marc Klok menilai, konsistensi meraih kemenangan jadi harga tinggi agar Persib Bandung juara dari ketatnya klasemen Liga 1. (Dok. Liga Indonesia Baru/HARRYHARTOMO)
Pemain Persib Bandung, Marc Klok. Marc Klok menilai, konsistensi meraih kemenangan jadi harga tinggi agar Persib Bandung juara dari ketatnya klasemen Liga 1. (Dok. Liga Indonesia Baru/HARRYHARTOMO)

Marc Klok menilai, konsistensi meraih kemenangan jadi harga tinggi agar Persib Bandung juara dari ketatnya klasemen Liga 1.



LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Papan atas klasemen Liga 1 semakin memanas setelah laga pada pekan ke-20 tuntas terselenggara.

Para pemburu gelar saling sikut untuk merebut puncak klasemen demi meraih juara Liga 1 2021/2022.

Dari awal putaran kedua saja, terjadi perputaran pemuncak klasemen Liga 1 setidaknya dari tiga tim yang berbeda. Ketiga tim itu antara lain Arema FC, Bhayangkara FC, dan Persib Bandung.

Persib Bandung sempat menduduki puncak klasemen Liga 1 usai menang tipis 1-0 atas Persita Tangerang pada laga perdana putaran kedua Liga 1 2021/2022. Pertandingan ini merupakan laga pekan ke-18.

Lalu pada pekan ke-19, Arema FC menjadi pemuncak klasemen usai menang 1-0 dari tim kuat Bhayangkara FC. Singo Edan (julukan Arema FC) menggeser Persib Bandung setelah Maung Bandung dipecundangi Bali United 0-1.

Baca Juga: SEJARAH PERSIB HARI INI: Pecundangi Pupuk Kaltim di Stadion Siliwangi

Kekalahan dari Bali United juga membuat Persib Bandung harus terlempar dari tiga besar klasemen Liga 1. Di pekan ke-19, Persib Bandung duduk di posisi empat setelah Persebaya Surabaya mampu menang tipis 2-1 atas PSM Makassar. Persebaya Surabaya pun menempati peringkat tiga klasemen Liga 1.

Sepekan kemudian, tepatnya pekan ke-20, Bhayangkara FC kembali merebut puncak klasemen setelah tim berjuluk The Guardians itu mengembalikkan keadaan usai tertinggal satu gol Persebaya Surabaya melalui Taisei Marukawa menit ke-45+2. Dua gol Bhayangkara FC dicetak oleh Melvin Platje menit ke-72 dan Ezechiel N'Douassel menit ke-86.

Atas hasil itu, Bhayangkara FC mengokohkan posisinya di puncak klasemen Liga 1 dengan 43 poin, hasil dari 13 menang, 4 imbang, dan 3 kalah.

Peringkat kedua diisi oleh Arema FC, yang pada pekan ke-20 hanya meraih hasil imbang melawan PSIS Semarang. Arema FC mengumpulkan 41 poin, hasil dari 11 menang, 8 imbang, dan satu kali kalah.

Sedangkan Persib Bandung berhasil masuk ke tiga besar klasemen Liga 1 dengan 40 poin usai menang susah payah 1-0 atas Borneo FC pada pekan ke-20. Gol semata wayang Persib Bandung dicetak oleh Mohammed Rashid di menit ke-63.

Baca Juga: 10 Gol Debut Tercepat Persib Bandung, Didominasi Pemain Asing

Adapun Persebaya Surabaya harus rela tergusur ke peringkat empat dengan 39 poin setelah kalah dari Bhayangkara FC 1-2.

Dilihat dari tiga laga awal putaran kedua, terjadi tiga kali pergantian tim yang menduduki puncak klasemen Liga 1. Kini Liga 1 libur karena adanya jeda internasional dari FIFA.

Selama libur, 18 tim di Liga 1 tentu akan mengevaluasi besar-besaran baik itu mengenai taktik, strategi, serta komposisi pemain demi meraih konsistensi kemenangan di Liga 1.

Terkait hal itu, gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengungkapkan cara yang mesti ditempuh oleh Pangeran Biru (julukan Persib Bandung) agar dapat duduk dengan kokoh di puncak klasemen Liga 1 dan merebut gelar juara.

Menurutnya, kemenangan demi kemenangan di setiap laga di Liga 1 menjadi faktor penting bagi Persib Bandung untuk tetap pada jalur juara.

Baca Juga: SEJARAH PERSIB HARI INI: Menang Cantik atas Hanoi FC

"Kami harus menang karena target adalah juara, Jika kalah akan semakin sulit meraihnya," kata Klok.

Pemain berdarah Belanda itu mengakui, kemenangan 1-0 atas Borneo FC bukanlah pertandingan yang didambakan olehnya dan tim. Meski begitu, dia meyakini, kemenangan tersebut bisa menjadi pemicu semangat rekan-rekannya untuk meraih poin penuh dalam setiap laga nantinya.

"Ini (Borneo FC vs Persib) bukan pertandingan terbaik kami. Tapi menang adalah hal yang utama menuju pertandingan selanjutnya," ujar pemain bernomor punggung 23 ini.

Di sisi lain, pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengatakan, dirinya menyayangkan tidak terciptanya gol selain gol Rashid meski banyak peluang yang dihasilkan.

Baca Juga: Jadwal Persib Liga 1, Ini Pertandingan Terakhir Bulan Januari 2022


Namun, pelatih asal Belanda itu tetap optimis, para strikernya dapat beradaptasi dengan baik dan melesakkan lebih banyak gol pada sisa laga putaran kedua.

"Saya pikir, kami tidak beruntung tidak bisa membuat lebih banyak gol, padahal cukup banyak peluang tercipta. Tapi jika terus melakukannya, para striker kami akan mencetak lebih banyak gol dan itu akan menjadi hal positif," tanggapannya soal striker Persib Bandung mengingat klasemen Liga 1 semakin ketat. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Gol Tercipta di Gim Internal Pertama Persib

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:41 WIB

Persib Bakal Uji Tanding di Singapura

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:45 WIB

Daftar Harga Pemain Persib Termahal Tahun 2022

Senin, 16 Mei 2022 | 21:08 WIB

Satu Pemain Muda Kembali Hengkang dari Persib

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:29 WIB
X