SEJARAH PERSIB HARI INI: Awal Rivalitas dengan Persija dan Unjuk Rasa Bobotoh

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:11 WIB
Logo Persib Bandung. (Dok. PERSIB Bandung)
Logo Persib Bandung. (Dok. PERSIB Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sejarah Persib hari ini, 13 Oktober, berisikan awal rivalitas Maung Bandung dengan Persija Jakarta.

Tepatnya pada, 13 Oktober 1951, Persib Bandung pertama kali bertanding melawan Persija di Stadion Ikada, Jakarta, dalam turnamen kejurnas PSSI.

Laga tersebut terjadi dalam putaran final kualifikasi rayon atau zona Jawa Barat yang berlangsung 23 September-18 November.

Dalam laga pertama di Stadion Ikada, Jakarta, 13 Oktober 1951, Persija (Juara Rayon 1) unggul 7-2 atas Persib (Juara Rayon 2). Sebanyak 7 gol Persija dicetak Liong Houw (3), Muskita (2), Machrum (1) dan Pattypeilohy (1).

Sementara itu, pada laga kedua di Stadion Sidolig (Stadion Sport in de Openlucht is Gezond), pada 18 November 1951, Persib kalahkan Persija 3-1. Gol dicetak Aang Witarsa, Nandang, dan Bommel.

Bobotoh Unjuk Rasa

Masih pada tanggal 13 Oktober, Persib juga punya sejarah yang masih berkaitan dengan Persija.

Tepatnya pada  13 Oktober 2018 atau tepat tiga tahun yang lalu, sekelompok Bobotoh menggelar aksi turun ke jalan sebagai bentuk penolakan keputusan hukuman Komisi Disiplin PSSI terhadap Persib

Gerakan itu diberi nama Bandung Melawan Part I yang diikuti oleh berbagai kelompok suporter Persib. Aksi unjuk rasa yang diikuti ribuan Bobotoh ini dipusatkan di Gedung Sate, Bandung.

Baca Juga: Jadwal Padat Menanti Persib, Robert Alberts Ambil Langkah Ini

Sebagaimana diketahui, setelah tragedi melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 23 September 2018, Persib langsung dihantam oleh serangkaian sanksi oleh PSSI

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita di Balik Tari Jaipong Mohammed Rashid

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:52 WIB
X