Malas ke Bengkel? Begini Cara Sederhana Merawat Motor di Rumah

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:00 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Ilustrasi pengendara sepeda motor.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Motor yang kita pakai hampir setiap hari, terkadang tidak terlalu diperhatikan perawatannya secara teratur.

Padahal, bagi sebagian masyarakat, sepeda motor adalah sarana transportasi utama dalam melakukan mobilitas sehari-hari.

Sesibuk apa pun, sangat disarankan agar pengendara selalu memastikan bahwa motor dalam kondisi prima.

Pengendara harus menyempatkan waktunya untuk melakukan sejumlah langkah perawatan sederhana. Hal ini pun mendorong PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk membagikan tips yang dapat diterapkan oleh bikers.

Manager Service CS Divison YIMM, Riyadi Prihartono, mengatakan, salah satu langkah utama dalam melakukan perawatan motor adalah dengan memeriksa aki dan oli.

"Tahapan ini bisa dilakukan dengan mengoperasikan seluruh komponen yang berkaitan dengan aki, seperti klakson, lampu, dan engine starter. Sedangkan, pemeriksaan oli dapat dilakukan dengan melihat kondisi pada dipstick oli," kata Riyadi dalam keterangan pers, pada Kamis, 3 Juni 2021.

Dengan bantuan dipstick, pengendara dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan kualitas dan volume oli mesin. Sebaiknya, pemeriksaan ini dilakukan saat mesin dalam kondisi dingin dan motor berada dalam bidang yang datar.

Pada tahapan ini, pengendara juga dapat sekaligus memeriksa adanya kebocoran oli. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat sekeliling bagian lantai saat motor terparkir cukup lama.

"Pengendara perlu memastikan tak ada tetesan oli pada sekeliling bagian lantai dan tak ada sisa oli yang mengendap di bagian mesin," ucapnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Cara Urus Balik Nama Motor: Ini Syarat dan Biayanya

Rabu, 8 September 2021 | 15:07 WIB

Tips Penting Rawat Motor Sport Fairing

Senin, 30 Agustus 2021 | 10:22 WIB
X