Teliti 4 Hal yang Bisan Bikin Oli Menguap, Agar Motor Tak Rusak

- Rabu, 2 Juni 2021 | 17:35 WIB
Ilustrasi sepeda motor.
Ilustrasi sepeda motor.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sudah jadi keharusan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, untuk merawat motornya secara berkala. Salah satunya, dengan mengganti oli secara teratur.

Pelumas atau oli sepeda motor wajib diganti setiap tuntas menempuh jarak 3.000-4.000 km. Setelah melewati kurun masa pemakaian ini, volume liquid yang mencegah gesekan antarkomponen di dapur pacu bisa berkurang atau terjadi peristiwa penguapan.

Mengapa terjadi demikian? Mengutip dari Suara.com (jaringan Ayobandung.com), ada sederet kondisi yang bisa memicu terjadinya penguapan ini.

Berikut adalah empat kondis umumi yang bisa menjadi pemicu penguapan pada pelumas sepeda motor:

1. Tidak ganti oli pada waktunya

Bila sering menggunakan motor untuk berkendara sehari-hari, maka penguapan oli harus diwaspadai. Pasalnya, saat volume berkurang dari batas minimal, oli tidak akan sanggup melindungi setiap bagian mesin dengan sempurna.

Jadi seharusnya, gantilah oli mesin secara berkala. Sebab selain penguapan, komponen di dalam mesin pun bisa cepat rusak apabila oli motor jarang diganti.

2. Kebocoran seal oli

Kondisi lain yang juga dapat memicu penguapan oli mesin adalah kebocoran seal oli, akibat pengisian yang berlebihan. Akibatnya, oli jadi merembes ke filter udara serta karburator. Apabila terbakar di ruang pembakaran, rembesan oli bisa menyebabkan asap putih dari knalpot.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Tips dan Trik Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Berkualitas

Kamis, 30 September 2021 | 15:40 WIB

Merokok di Dalam Mobil Berbahaya, Ini 3 Alasannya!

Senin, 27 September 2021 | 18:17 WIB
X