Jangan Asal Pasang! Pahami Fungsi Stabilizer Setang Motor

- Jumat, 28 Mei 2021 | 21:50 WIB
Ilustrasi sepeda motor.
Ilustrasi sepeda motor.

LENGKONG,  AYOBANDUNG.COM — Para pencinta motor mungkin tak asing dengan Stabilizer setang motor. Nah, sebelum memasang aksesoris ini, sebaiknya kenali dulu fungsi stabilizer pada setang motor

Stabilizer setang motor atau biasa disebut steering damper adalah komponen penting untuk jenis motor balap.

Komponen ini sangat berpengaruh dalam memberikan kestabilan dan meredam getaran ketika motor melaju dengan kecepatan penuh.

Tidak hanya konsumsi balapan, komponen ini mulai digunakan pada motor harian demi meningkatkan performa maupun sebagai aksesoris.

Mengutip laman Suzuki Indonesia, fungsi utama dari stabilizer adalah menghasilkan putaran yang lebih lambat pada setang dengan memanfaatkan sistem hidrolik. Sistem itu bertujuan agar motor stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi atau saat sedang bermanuver di jalanan berbelok.

Stabilizer juga bisa berfungsi sebagai pemberat untuk mengurangi getaran pada motor, sehingga lebih stabil ketika dikendarai. Fungsi ini akan bekerja maksimal jika kualitas komponen bagus.

Produsen motor sendiri sebenarnya sudah menguji dan mengecek kualitas kendaraan sebelum dijual ke konsumen. Jadi seharusnya komponen stabilizer bawaan memiliki kualitas yang bagus.

Pemasangan stabilizer sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan, baik sebagai aksesoris motor maupun komponen pendukung performanya.

Pemasangan ini diperbolehkan asalkan bermanfaat dan tidak mengganggu keamanan pengendara saat di jalan, terutama jika dipakai untuk aksesoris.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Tips dan Trik Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Berkualitas

Kamis, 30 September 2021 | 15:40 WIB

Merokok di Dalam Mobil Berbahaya, Ini 3 Alasannya!

Senin, 27 September 2021 | 18:17 WIB
X