Mobil Lama Tak Digunakan Usai Libur Panjang, Lakukan 5 Hal Ini

- Kamis, 27 Mei 2021 | 21:20 WIB
Ilustrasi ban Mobil.
Ilustrasi ban Mobil.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sederet hari libur keagamaan baru saja berlalu dua pekan sampai kemarin. 

Mobil kesayangan di rumah Anda mungkin ada senantiasa sibuk selalu digunakan, meski ada juga yang telah lama tak digunakan. Nah, kini tiba saatnya pemilik mobil melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan agar kondisinya tetap optimal dan nyaman untuk kembali digunakan menemani aktivitas sehari-hari.

"Pemeriksaan kondisi kendaraan perlu dilakukan karena mobilitas di saat itu biasanya cukup tinggi dengan melewati berbagai kondisi jalan sehingga kondisinya harus di cek kembali," jelas Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

"Anda bisa melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara mandiri dengan mudah dan bahkan di waktu-waktu senggang kala di rumah," sarannya.

Sistem Kelistrikan

- Pemilik kendaraan bisa memeriksa sistem kelistrikan dimulai dari kondisi aki di kompartemen mesin. Di bagian aki biasanya terdapat indikator yang menunjukkan kondisi kerjanya.

- Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak, berwarna putih mesti segera diisi ulang, dan warna biru menunjukkan aki masih prima.

- Setelah itu, pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan dengan mengaktifkan sejumlah komponen lainnya, seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper, dan head unit.

Oli Mesin

- Oli mesin memegang peranan penting untuk menunjang kinerja mesin. Setelah digunakan untuk perjalanan yang lama perlu diperiksa.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Tips dan Trik Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Berkualitas

Kamis, 30 September 2021 | 15:40 WIB

Merokok di Dalam Mobil Berbahaya, Ini 3 Alasannya!

Senin, 27 September 2021 | 18:17 WIB

Cara Urus Balik Nama Motor: Ini Syarat dan Biayanya

Rabu, 8 September 2021 | 15:07 WIB
X