Mantap! Fitur Perintah Suara Bakal Ada di Motor

- Rabu, 17 Maret 2021 | 10:08 WIB
[ilustrasi] Kecerdasan Buatan
[ilustrasi] Kecerdasan Buatan

ITALIA, AYOBANDUNG.COM -- Produsen motor listrik Energica bersama Cellularline dan Alascom, dua perusahaan teknologi asal Italia saat ini tengah mengembangkan fitur perintah suara untuk sepeda motor.

Kabar tadi diumumkan langsung Chief Technology Officer (CEO) Energica, Giampiero Testoni. Menurutnya, fitur perintah suara atau voice command akan memberikan rasa lebih aman terhadap para pengendara motor.

Ketiga produsen Negeri Pizza tadi berjanji akan memberikan cara baru berkendara kepada setiap pengguna motor untuk berinteraksi dengan tunggangan mereka.

Misalnya, Alascom akan bertugas membuat sistem Artificial Intelligence (AI) untuk membuat perintah suara yang intuitif kepada tunggangan roda dua.

"Berkat teknologi ini, pengendara akan menemukan informasi tentang motornya dengan mudah tanpa mengganggu konsentrasi selama mengemudi," jelas Giampiero Testoni, dikutip dari Visordown.

Ia menambahkan, teknologi yang tersemat akan difungsikan layaknya asisten. Nantinya, pengendara dengan mudah bisa mengontrol fungsi penting atas sepeda motor.

Meskipun sudah diumumkan, namun pihak Energica belum merinci seperti apa nantinya aplikasi penerapan voice control motor ini. Selain itu belum diketahui juga perintah apa saja yang nantinya dapat dilakukan pengendara.

Sebagai catatan, sistem perintah suara sebenarnya sudah diterapkan Honda, melalui Honda Smartphone Voice Control namun masih harus menggunakan tambahan ponsel yang terhubung dengan aplikasi Honda RoadSync.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Cara Urus Balik Nama Motor: Ini Syarat dan Biayanya

Rabu, 8 September 2021 | 15:07 WIB

Tips Penting Rawat Motor Sport Fairing

Senin, 30 Agustus 2021 | 10:22 WIB
X