5 Tips Berkendara Matic Aman Saat Terobos Banjir

- Rabu, 10 Februari 2021 | 13:49 WIB
Banjir
Banjir

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Intensitas hujan yang tinggi kerap menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah titik. Kondisi ini tentu perlu disikapi secara waspada, termasuk oleh pengendara mobil yang terpaksa harus menerobos banjir.

PT Astra Daihatsu Motor (Daihatsu) membagikan sejumlah kiat aman untuk berkendara di tengah banjir dan apa yang perlu dilakukan setelahnya. Melalui kiat-kiat ini, Daihatsu berharap pengendara bisa melakukan pencegahan dan menjadi lebih waspada bila harus berkendara pada kondisi banjir.

"Sahabat juga dapat memastikan kondisi kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, seperti disampaikan melalui siaran pers.

Setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan pengendara bila harus berkendara di tengah banjir. Berikut ini adalah kelima hal tersebut.

1. Perhitungkan Ketinggian Banjir

Pastikan saluran masuk udara atau air inlet tidak terendam air. Air inlet yang terendam dapat menyebabkan terjadinya water hammer atau kondisi di mana air bisa masuk ek ruang pembakaran. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mesin mobil menjadi rusak.

Oleh karena itu, pastikan ketinggian genangan air atau banjir tidak lebih dari setengah roda. Jangan memaksakan diri melewati jalan yang genangan airnya tinggi.

2. Gir Paling Rendah

Saat berkendara di tengah banjir, gunakan gir paling rendah yaitu 1 atau L. Tujuannya adalah untuk menjaga kecepatan mobil tetap stabil dan putaran mesin akan lebih bertahan. Selain itu, gas buang yang ada bisa dikeluarkan dari bagian knalpot sehingga air bisa tertahan dan tidak masuk ke bagian ruang mesin melalui jalur pembuangan.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Cara Mencegah Kecelakaan Mobil Berakibat Fatal

Jumat, 12 November 2021 | 19:54 WIB

Tren Aktivitas Generasi Milenial dengan Sepeda Motor

Rabu, 10 November 2021 | 12:52 WIB

Pameran Kendaraan Listrik di Bandung

Kamis, 4 November 2021 | 15:57 WIB

Tips dan Trik Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:00 WIB
X