Kamu Nanya Mengapa Maroko Lolos Ke Perempatfinal? Kehormatan Tanah Leluhur Segala-galanya

- Jumat, 2 Desember 2022 | 15:15 WIB
Pendukung Maroko merayakan kesuksesan timnya yang lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2022.  (Morocco World News)
Pendukung Maroko merayakan kesuksesan timnya yang lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2022. (Morocco World News)

AYOBANDUNG – Tim Maroko mengguncang perhelatan Piala Dunia 2022. Untuk pertama kalinya, Maroko lolos be babak perempatfinal setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti, Selasa (06/12).

Tim Maroko yang diasuh manajer Walid Regragui, di babak sebelumnya berhasil memuncaki klasemen akhir Grup F dengan skor 7 poin. Selanjutnya Tim Singa Atlas akan menjajal peruntungannya menghadapi Portugal, Sabtu (10/12) pukul 22.00 WIB.

Untuk sementara partai Maroko versus Portugal lupakan barang sejenak. Sebab, Morocco World News menulis, publik di seantero Negeri Magribi masih sibuk mengelu-elukan sukses besar Hakim Ziyech dan kawan-kawan.

Baca Juga: Seleksi PPK dan PPS Pemilu 2024 Dibuka, Ini Tiga Golongan yang Akan Diprioritaskan KPU

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Maroko bisa merasakan sengitnya aroma persaingan di babak perempat final Piala Dunia. Itulah mengapa suasana suka cita menyebar di sejumlah kota. Pesta pora merebak di mana-mana. Sejak mereka lolos babak 16 besar lalu.

Tapi bagaimana bisa Maroko yang tak masuk tim 20 besar versi FIFA belum kalah sekalipun di Piala Dunia 2022? Mengapa mereka mampu mengimbangi Kroasia, menumbangkan Belgia, dan menekuk Kanada?

Analisa sekenanya mengerucut pada latar belakang punggawa Maroko yang bekebangsaan rupa-rupa. Achraf Hakimi misalnya lahir di Spanyol. Lalu Sofiane Boufal dari Prancis. Hakim Ziyech sendiri asal Belanda.

Baca Juga: Strategi Cara Lolos CPNS 2023, Hindari Dulu Kesalahan Cara Buat Akun SSCASN

Hanya saja pesepakbola berkewarganegaraan ganda atau pemain yang lebih lama berkarir di negeri orang, sebenarnya bukan monopoli Maroko. Pemain tim negara lain juga melakukan hal serupa.      

Bedanya, mengutip Middle East Eye, tidak ada tim negara lain yang memiliki pemain diaspora lebih banyak dibanding Maroko. “14 dari 26 pemain Maroko lahir di luar negeri.”

Halaman:

Editor: Yafi Ralesa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Link Live Streaming PSIS Semarang vs Persib Bandung

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:21 WIB
X