Stephanie Frappart Pimpin Duel Jerman Lawan Kosta Rika, Wasit Wanita Pertama Sepanjang Sejarah Piala Dunia

- Kamis, 1 Desember 2022 | 00:06 WIB
Dari kiri ke kanan: Wasit Stephanie Frappart, Neuza Back, dan Karen Diaz Medina. (Twitter @ESPN)
Dari kiri ke kanan: Wasit Stephanie Frappart, Neuza Back, dan Karen Diaz Medina. (Twitter @ESPN)

AYOBANDUNGStephanie Frappart membuat sejarah baru. Ia merupakan wasit wanita pertama yang akan memimpin jalannya pertandingan Piala Dunia 2022. Wanita asal Prancis ini bertugas menjadi pengadil duel Jerman versus Kosta Rika, Jumat (02/12) pukul 02.00 WIB dini hari.

Penunjukan Stephanie Frappart sebagai wasit itu, resmi diumumkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) seperti dicuit akun Twitter @ESPN, Rabu (30/11). FIFA juga sudah menunjuk dua asisten wasit perempuan untuk membantu Stephanie Frappart.

Wasit wanita yang dimaksud adalah Neuza Back dari Brasil. Dan yang kedua adalah Karen Diaz Medina asal Meksiko. Bersama Stephanie Frappart, keduanya akan bertugas di Al Bayt Stadium, tempat Jerman dan Kosta Rika berebut tiket menuju babak 16 besar.

Baca Juga: Pelatih Arab Saudi Herve Renard Baper, Manajer Meksiko Gerardo Martino Sesumbar

Sebelumnya, Stephanie Frappart yang kini berusia 38 tahun memang sudah pernah berpengalaman menjadi wasit pertandingan sepakbola pria. Misalnya pada babak kualifikasi Piala Dunia Maret lalu. Kemudian di Liga Champions 2020, dan juga di ajang Piala Super UEFA 2019.

Tapi menjadi wasit putaran final Piala Dunia baru sekali ini dilakoni Stephanie Frappart. Dan memang baru sekali ini pula seorang Wanita bahkan tiga sekaligus ditunjuk menjadi wasit sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia.

Sebelum gelaran Piala Dunia 2022 dimulai, Stephanie Frappart pernah berharap bahwa para wasit wanita mendapat kesempatan lebih besar di Qatar. Ia dan rekan-rekannya tak ingin sekadar menjadi pembantu bagi para wasit pria. Harapan itu kini sudah jadi kenyataan.

Baca Juga: Fakta Baru Piala Dunia 2022: Pemain Arab Saudi belum pasti dapat mobil, manajernya mau latih Polandia

Sebelum menjalani karir sebagai wasit, Stephani Frappart yang lahir di Val-d’Oise, Prancis, pada 14 Desember 1983 ini adalah seorang pesepakbola. Ia memutuskan menjadi pengadil lapangan hijau pada usia sekitar 18 tahun.

“Waktu itu saya satu-satunya wasit perempuan,” katanya kepada CNN. Berkat ketekunannya, Stephanie Frappart kemudian mentas sebagai salah satu wasit yang diperhitungkan. Antara lain, ia pernah dipilih memimpin partai final Piala Dunia Wanita antara Belanda dan Amerika.

Halaman:

Editor: Yafi Ralesa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X