Andai Sanksi FIFA Turun, 6 Stadion Ini Nganggur di Piala Dunia U20

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:46 WIB
Persib Bandung versus PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat | Pemain naturalisasi Ezra Walian mengaku tak sabar ingin segera merumput untuk laga Persib vs Madura United. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Persib Bandung versus PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat | Pemain naturalisasi Ezra Walian mengaku tak sabar ingin segera merumput untuk laga Persib vs Madura United. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Piala Dunia U20 menjadi salah satu event yang akan membanggakan tanah air. FIFA memutuskan menjadwalkan turnamen itu di Indonesia dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Sayang, tragedi Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, membuat Indonesia was-was lantaran ancaman sanksi FIFA sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U20 pada 2023 bisa batal digelar.

Ini tak lain karena pada tragedi Kanjuruhan, tercatat keparahan atau dampak usai tragedi. Sebanyak 125 orang meninggal dunia. Atau ketiga terburuk sepanjang sejarah berdarah di dunia sepak bola, belum lagi fasilitas stadion yang rusak akibat kerusuhan tersebut.

Baca Juga: Kapolres Malang Dicopot Buntut Tragedi Kanjuruhan, Sanksi FIFA Kapan?

Hingga kini pihak berwenang belum memutuskan siapa yang salah, kendati banyak pihak sudah menjadi hakim sendiri. Ada yang menyalahkan tragedi disebabkan oleh aksi turun lapangan para suporter.

Ada pula yang menyalahkan aparat yang dianggap bertindak refresif termasuk karena pelemparan gas air mata. Namun PSSI yang menghukum Arema FC turut dimasalahkan karena jadwal malam hari pada kompetisi Liga 1.

Imbasnya pula, Liga 1 dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan. "Tentu menjadi evaluasi PSSI agar peristiwa itu tidak terulang lagi," ujar sang ketua umum, Mochamad Iriawan, Senin, 3 Oktober 2022.

FIFA sendiri hingga saat ini belum menyampaikan pernyataan terkait kemungkinan sanksi yang dijatuhkan. Namun yang terancam bukan hanya Arema FC atau FIFA selaku pihak yang bertanggungjawab atas klub dan kompetisi sepak bola di Indonesia.

Baca Juga: Deretan Sanksi FIFA Ancam Indonesia, Imbas Kerusuhan Arema FC vs Persebaya Surabaya

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X