Jadwal Liga 1: Jam Biologis vs Rating Televisi Berujung Tragedi Kanjuruhan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 06:01 WIB
Duka untuk Kanjuruhan Malang  (Intan Lucy Maudina/Magang AyoBandung.com)
Duka untuk Kanjuruhan Malang (Intan Lucy Maudina/Magang AyoBandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Tragedi Kanjuruhan menjadi peristiwa sepak bola yang terburuk kedua pada abad 21. Setelah perisitiwa Accra di Ghana pada 2001 yang menewaskan 126 nyawa.

Laporan sebelumnya menyebutkan korban meninggal Tragedi Kanjuruhan setelah duel Arema FC vs Persebaya Surabaya capai angka 205 jiwa. Namun data diverifikasi ulang dan kini menjadi 125 orang.

Selain dukacita yang mendalam, dampak dari tragedi itu berpengaruh terhadap jadwal Liga 1. PSSI dan PT LIB memutuskan menunda selama sepekan untuk menindaklanjuti insiden Kanjuruhan terlebih dulu.

Baca Juga: Presiden Arema FC Ungkapkan Duka Mendalam dan Siap Berikan Semua Jaminan Ini pada Korban Tragedi Kanjuruhan

Penyebab tragedi Arema vs Persebaya pun masih dipelajari, kendati banyak pihak sudah jadi hakim. Siapa yang salah? antara suporter atau aparat, antara panpel Arema FC atau penyelenggara Liga 1, antara jam pertandingan "sehat" atau rating televisi.

Belum ada kejelasan hingga Komnas HAM pun turun tangan melakukan investigasi. Pemerintah pun melakukan rapat lintas kementerian, sembari berharap sanksi FIFA tak dijatuhkan karena Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Jadwal Liga 1 dan prime time televisi

Arema FC disanksi untuk tidak menjadi tuan rumah di sisa Liga 1 musim 2022/2023. Sebelum menyatakan investigasi, PSSI menengarai kesalahan pada panitia pelaksana (panpel) pertandingan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca Juga: BRI Liga 1 Ditunda Dua Pekan, Liga 2 Juga Bernasib Sama

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X