Deretan Sanksi FIFA Ancam Indonesia, Imbas Kerusuhan Arema FC vs Persebaya Surabaya

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:53 WIB
Deretan Sanksi FIFA Ancam Indonesia, Imbas Kerusuhan Arema FC vs Persebaya Surabaya ( (Kolase Instagram @pssi/Tangkapan layar Twitter @Pineapplecute_))
Deretan Sanksi FIFA Ancam Indonesia, Imbas Kerusuhan Arema FC vs Persebaya Surabaya ( (Kolase Instagram @pssi/Tangkapan layar Twitter @Pineapplecute_))

AYOBANDUNG.COM--Sanksi FIFA ancam Indonesia imbas kerusuhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu 1 Oktober 2022.

Apabila sanksi FIFA diberlakukan maka kerugian besar didapatkan oleh dunia sepak bola di Indonesia.

Tanggung Jawab Arema FC dan PSSI

Dalam Displinary Code FIFA, tertulis jelas setiap klub bola dan asosiasi yang menaunginya bertanggungjawab penuh atas penyelenggaraan kontes sepakbola dan tertulis pada pasal 16 FIFA Disciplinary Code tentang ketertiban dan keamanan di pertandingan.

Baca Juga: Dua Bukti Surat Polisi Sempat Minta Laga Arema FC vs Persebaya Dimajukan Hingga Jumlah Penonton yang Dibatasi

Isi dalam pasal 16 tersebut tertulis sebagai berikut : 

Klub tuan rumah dan asosiasi bertanggung jawab atas ketertiban dan keamanan baik di dan di sekitar stadion sebelum, selama dan setelah pertandingan.

Mereka bertanggung jawab untuk insiden dalam bentuk apa pun dan dapat dikenakan tindakan disipliner dan arahan kecuali mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak lalai dalam cara dalam organisasi pertandingan. Secara khusus, asosiasi, klub dan perangkat pertandingan berlisensi yang menyelenggarakan pertandingan harus:

a) menilai tingkat risiko yang ditimbulkan oleh pertandingan dan memberi tahu badan FIFA dari mereka yang sangat berisiko tinggi;

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X